Home Kebencanaan Hotel Ciputra Semarang Gelar Simulasi Kebakaran Gedung

Hotel Ciputra Semarang Gelar Simulasi Kebakaran Gedung

Semarang, Gatra.com - Hotel Ciputra Semarang (HCS) menggelar simulasi evakuasi kebakaran pada Selasa (29/3). Simulasi itu ditujukan mengantisipasi terjadinya bencana yang berdampak pada keamanan karyawan maupun tamu hotel.

Simulasi tersebut diikuti oleh seluruh karyawan HCS. Mulai dari Security, Tim Dapur, hingga Karyawan Back Office.

Baca Juga:

Hotel Ciputra dan Mal Ciputra Semarang Sukses Gelar Aksi Donor Darah

General Manager HCS, Erny Kusmastuti menjelaskan, selain karyawan dan tim relawan, kegiatan tersebut juga didukung oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang.

"Skenarionya yakni terjadi kebakaran di lantai 4 gedung hotel. Kemudian pihak Engineering dibantu dengan Security mengumumkan agar karyawan berlari ke jalur evakuasi. Lalu Tim pemadam kebakaran datang, sementara tim ERT (Emergency Response Team) HCS menolong korban,” ujarnya.

Di saat tim pemadam kebakaran bekerja memadamkan api, tim relawan terlihat berlari masuk ke dalam gedung dengan membawa tandu. Sesaat kemudian, beberapa korban yang terjebak di dalam gedung dibawa menggunakan tandu ke luar ruangan melalui Emergency Exit.

"Karyawan HCS diharapkan mempunyai kemampuan tanggap darurat. Sebagai karyawan, khususnya dalam bencana kebakaran, karyawan harus mengerti cara menghindari kebakaran, penyelamatan diri dan latihan evakuasi korban,” terangnya.

HCS tidak berharap kebakaran ini benar-benar terjadi. Namun nampaknya pihak hotel ingin semuanya harus siap. "Simulasi ini sudah tiap tahun kita adakan, biasanya dua kali. Sekali training dengan melibatkan Damkar dan pihak lain, sekali lagi kita adakan biasa bersama karyawan saja,” jelasnya.

Setiap bulannya karyawan HCS juga sudah diberikan training mengenai kebakaran dan diperkenalkan cara untuk memadamkan api menggunakan media APAR, Fire Blanket, dll. Setiap harinya pun selalu ada karyawan yang bertugas untuk menjadi Tim Pemadam Kebakaran (Fire Brigade Team).

Baca Juga:

Karyawan Hotel Ciputra Semarang Rutin Antigen demi Kenyamanan Tamu

Proteksi kebakaran pun sudah dipersiapkan di seluruh kamar HCS yang memiliki 200 kamar. Di kamar, jelasnya, juga sudah dipersiapkan Fire Alarm, yang biasa dikenal dengan smoke detector dan pipa springkle yang siap mengeluarkan air disaat suhu ruangan mencapai 65 derajat celcius.

Alat tersebut tiap tahunnya harus masuk dalam sertifikasi uji kelayakan yang dilakukan oleh Dinas Kebakaran Kota Semarang. Delapan Tabung Hydrant (APAR) juga disediakan di beberapa lorong kamar di setiap lantainya.

“Total kita memiliki lebih dari 165 Tabung Hydrant (APAR) yang bisa kapan saja dipakai saat ditemukan bahaya khususnya dari api,” tegasnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS