Home Ekonomi Shipper Gandeng Kemenkop UKM-KNEKS Tingkatkan Daya Saing UMKM

Shipper Gandeng Kemenkop UKM-KNEKS Tingkatkan Daya Saing UMKM

Jakarta, Gatra.com – Terhitung lima tahun, Shipper telah menemani UMKM berjuang dengan memberikan solusi menyeluruh dalam bidang logistik dan pergudangan pintar. Melanjutkan komitmen perusahaan memberdayakan UMKM, Shipper kali ini menggandeng Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) dan Komite Nasional Ekonomi & Keuangan Syariah (KNEKS) untuk meningkatkan daya saing 15.000 lebih UMKM di bulan Ramadhan melalui penyelenggaraan Festival UMKM Shipper pada 2 April 2022 lalu.

“Selain dalam upaya mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional, Festival UMKM Shipper ini kami tujukan secara spesifik untuk membantu UMKM dalam mengantisipasi tren perdagangan di bulan Ramadan,” ucap Chief Marketing Officer Shipper Indonesia, Jessica Hendrawidjaja.

Data yang dihimpun Shipper menunjukan bahwa 50% UMKM mengalami tren penurunan penjualan ketika mendekati Hari Raya Idul Fitri dan pasca Ramadhan seiring kembali normalnya pola konsumsi masyarakat. Karena itu, Shipper mengadakan webinar yang memberikan bekal pengetahuan berharga bagi UMKM dalam membangun dan mengelola brand, teknik pemasaran melalui media sosial, tips dan trik digital marketing yang efisien, manajemen logistik dan supply chain, hingga ekspansi bisnis dengan memaksimalkan pasar internasional (ekspor-impor).

Jessice mengatakan, selain pembekalan materi melalui webinar, Shipper juga akan memberikan pembinaan berkelanjutan kepada UMKM setelah Festival UMKM. Bersama para ahli, Shipper akan melakukan pendampingan dan mentoring berkelanjutan agar selanjutnya UMKM dapat menjalani inkubasi bisnis halal secara berkesinambungan dengan pemerintah dan swasta agar berkolaborasi dan mendapat dukungan sarana prasarana, manajemen hingga teknologi.

“Tidak hanya itu, melalui Festival UMKM, Shipper juga berkomitmen membantu UMKM dengan bantuan modal promosi di media sosial sebesar Rp30 juta dan promosi di media lainnya yang dimiliki Shipper,” Jessica menambahkan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto yang hadir dalam kegiatan webinar menyampaikan selamat atas terselenggaranya Festival UMKM. “Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan para digital startup, apalagi oleh anak-anak muda Indonesia yang berbakti kepada negara melalui prestasi di sektor startup,” kata Airlangga.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki berharap, Shipper dapat konsisten memberikan solusi bagi UMKM di Indonesia, khususnya kemudahan logistik melalui inovasi dan adaptasi teknologi yang menjangkau seluruh negeri. Di kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan, pihaknya berharap agar Festival UMKM Shipper dapat memajukan seluruh pelaku ekonomi kreatif agar dapat berkembang dan mampu bersaing secara nasional dan global.

“Di era pesatnya pertumbuhan teknologi, peran digital logistik dan pergudangan pintar sangat penting untuk membantu pelaku ekonomi kreatif dalam mengatasi tantangan global,” kata Sandiaga.

Kolaborasi Logistik Halal Shipper dengan KNEKS Percepat Pertumbuhan UMKM Industri Halal Indonesia

Selain mengedukasi UMKM dalam meningkatkan kapabilitasnya, Festival UMKM juga bermaksud mendorong percepatan pertumbuhan industri halal di Indonesia. Shipper melihat ada peluang besar bagi UMKM dalam industri halal. Halal value chain tercatat telah menyumbang 24,86% terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada 2020.

“Saya percaya Festival UMKM yang didukung oleh KNEKS ini dapat membantu UMKM industri halal di Indonesia agar bisa berkembang dan mampu bersaing secara nasional dan global kedepannya,” ucap Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah KNEKS, Putu Rahwidhiasa dalam sambutannya.

Shipper bersama KNEKS menginisiasi Program Inkubasi Bisnis Syariah yang didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM serta Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). “Nantinya, inkubasi ini akan diisi seluruh pemangku kepentingan yang relevan dalam rangka inklusi ekonomi syariah menuju Indonesia sebagai produsen produk halal dunia,” kata Putu.

Para pelaku UMKM juga mendapatkan materi khusus tentang urgensi sertifikasi halal, mekanisme mendapatkan sertifikat halal, dan peran UMKM mempercepat pertumbuhan ekonomi syariah. UMKM juga diharapkan dapat mengetahui manfaat dari sertifikasi halal produk untuk meningkatkan penjualan mereka setelah mengikuti Festival UMKM. Untuk semakin mempermudah pelaku UMKM memasarkan produknya, Shipper juga telah memberikan fasilitas pergudangan yang mengacu kepada standar halal.

61