Home Sumbagsel Sumsel Raih Dua Penghargaan pada Anugerah Adinata Syariah 2022

Sumsel Raih Dua Penghargaan pada Anugerah Adinata Syariah 2022

Palembang, Gatra.com - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), sabet dua sekaligus penghargaan tingkat nasional dalam ajang Anugerah Adinata Syariah 2022 yang diselenggarakan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Kamis (14/4). Kategori yang diraih yakni, Pendidikan Ekonomi Syariah dan Kategori Pemberdayaan Ekonomi Pesantren.

Gubernur Sumsel, Herman Deru mengatakan, pemerintah provinsi bersama dengan sejumlah lembaga perbankan akan terus berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan manfaat ekonomi kerakyatan secara syariah. "Masyarakat tentu butuh pencerahan atau edukasi bagaimana konsep yang dijalankan. Ya, utamanya dalam rangka membangun kerakyaan secara syar’i," ujarnya di Palembang.

Dikatakannya, Pemprov Sumsel, juga telah memiliki berbagai program dalam memajukan ekonomi secara syariah. Mulai dari Bank Wakaf Mikro, Program Rumah Tahfidz dan memiliki ribuan pondok pesantren yang tersebar di 17 kabupaten dan kota di Sumsel. "Tentunya itu juga menjadi bagian tanggung jawab untuk diberikan pemahaman terkait ekonomi syariah,” katanya.

Sementara, Sekda Provinsi Sumsel, SA Supriono mengatakan, penghargaan Adinata Syariah yang diterima Pemprov Sumsel tahun 2022 ini, merupakan penghargaan pertama kalinya. Bahkan, Sumsel termasuk pendatang baru yang dinilai KNEKS berhasil dalam pengelolaan ekonomi syariah.

“Kami sangat bersyukur atas penghargaan tersebut. Ya, itu membuktikan pada daerah lain bahwa menerapkan ekonomi syariah di Sumsel, sendiri sudah berjalan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, pihak Chairman Infobank, Eko B Supriyanto selaku pihak mitra penyelenggara menyebut ada tujuh kategori anugerah yang diberikan kepada 21 Pemprov se-Indonesia. Meliputi kategori keuangan syariah, industri halal, keuangan sosial syariah, keungan mikro syariah, pendidikan ekonomi syariah, pemberdayaan ekonomi pesantren serta kategori sektor ekonomi hijau dan berkelanjutan.

“Jadi, pemberian anugerah itu penting dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah serta industri halal di Indonesia,” katanya. Penghargaan sendiri diserahkan oleh Wapres KH Ma'ruf Amin secara simbolis.

1110