Home Regional Menteri Trenggono Dorong Perikanan Kota Pekalongan Bangkit Lagi

Menteri Trenggono Dorong Perikanan Kota Pekalongan Bangkit Lagi

Pekalongan, Gatra.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono melakukan kunjungan kerja di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (19/4). Trenggono berharap sentra kuliner perikanan di Kota Batik yang terdampak pandemi bisa kembali bangkit.

"Ini tengah dibicarakan dengan wali kota mengenai sentra kuliner perikanan. Adanya pandemi memang berdampak sekali. Ini pandemi menurun harapannya ekonomi bangkit kembali," katanya di sentra kuliner olahan ikan Kawasan Technopark Perikanan Kota Pekalongan.

Trenggono mengatakan, selain sentra kuliner perikanan, Kota Pekalongan juga memiliki potensi di bidang perikananan dengan adanya Kampung Nelayan Maju. Diperlukan perbaikan infrastruktur agar keberadaannya bisa mendukung pemanfaatan potensi tersebut.

"Kemudian ada pembangunan pelabuhan onshore yang sudah diprogramkan sebelumnya. Harapannya ini memang segera terbangun. Kalau inginnya ya sejak tahun lalu dibangun, targetnya tahun depan sudah dibangun," ujarnya.

Wali Kota Pekalongan A Afzan Arslan Djunaid mengatakan, pembangunan pelabuhan onshore sudah dipastikan akan dibangun oleh pemerintah pusat pada pada 2023. "Lokasinya direncanakan berada di utara Pantai Slamaran," tutur Aaf, sapaannya.

Menurut Aaf, sebelum adanya pembangunan pelabuhan onshore, pemkot harus terlebih dahulu membangunkan akses jalan menuju pelabuhan. "Pemkot kini tengah merumuskan akses jalan yang terdekat dan termurah. Harapannya akses jalan tersebut nantinya tidak memerlukan adanya pembebasan lahan warga sekitar," kata dia.

Aaf berharap dengan adanya pelabuhan onshore akan mengembalikan kejayaan perikanan Kota Pekalongan seperti pada era tahun akhir 1990-an.

1074