Home Olahraga Janjikan Anggaran, Kadispora Jatim Dorong 15 Cabor Baru Raih Medali di PON Aceh-Sumut 2024

Janjikan Anggaran, Kadispora Jatim Dorong 15 Cabor Baru Raih Medali di PON Aceh-Sumut 2024

Surabaya, Gatra.com – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Timur (Kadispora Jatim), Pulung Chausar menaruh harapan besar kepada 15 cabang olahraga (cabor) baru mempersiapkan diri secara baik menyambut PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatra Utara (Sumut). Seluruh 15 cabor baru ini diharapkan bisa memberi kontribusi prestasi yang baik bagi Jatim di PON 2024 nanti.

"Insya Allah [15 cabor baru] akan perkuat capaian prestasi Jatim pada PON 2024 di Aceh dan Sumut," ucap Pulung dalam Sarasehan Olahraga dengan tema “Tantangan KONI Jawa Timur Menyiapkan Cabang Olahraga Baru pada PON XXI/2024 Aceh-Sumatra Utara” di Gedung KONI Jatim, Sabtu (23/4).

Baca Juga: Petanque hingga Gateball, Jatim Targetkan 15 Cabor Baru bisa Dulang Medali di PON XXI/2024

Pulung menjelaskan, untuk meraih prestasi terbaik harus disiapkan dan dilakukan melalui kerja keras. Semua stakeholder, mulai KONI Jatim, Dispora Jatim, dan cabor harus selalu berkolaborasi.

Pihaknya juga siap memberi support dalam hal anggaran. Terutama untuk cabor yang meraih prestasi terbaik, Pemprov berjanji memperhatikan dan menyediakan anggaran.

"Kita duduk bersama untuk prestasi Jaim, mulai cabor, KONI Jatim, nanti evaluasi. Olahraga itu harus latihan yang dilakukan berulang, ada kejuaraan untuk pacu semangat," jelas Pulung.

Baca Juga: Di PON Papua Turun 4 Kasta, KONI Sumut Diterjang Badai Muslub

Kabid Prestasi KONI Jatim, Dudi Harjantoro mengakui, KONI Jatim memang posisinya di bawah DKI Jakarta dan Jawa Barat (Jabar) dalam hal jumlah anggaran. Tapi hal itu tidak boleh menurunkan semangat cabor dalam melakukan pembinaan atlet supaya capai prestasi terbaik.

"Prestasi atlet Jatim tidak kalah dengan mereka [DKI Jakarta dan Jabar]," tutur Dudi.

Ada 15 cabor baru dari Jatim yang bakal tampil di PON 2024 Aceh dan Sumut. Ke-15 cabor baru itu yakni Arung Jeram, Hapkido, Kurash, Rugby, Trialthon, Woodball, Barongsai, e-Sport, Jujitsu, Kabbadi, Kick Boxing, Petanque, Sambo, Soft Tenis, dan Gateball.

113