Home Ekonomi Kemnaker Harapkan Kedamaian Hubungan Industrial pada May Day 2022

Kemnaker Harapkan Kedamaian Hubungan Industrial pada May Day 2022

Surabaya, Gatra.com – Pada peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 2022, Kementerian Ketenagakerjaan mengampanyekan tema Ketupat May Day. Tema ini mengajak serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB) dan para pengusaha untuk menjadikan May Day 2022 sebagai momentum membangun sinergi bersama yang mengusung tema “Kemenangan dengan Mengutamakan Silaturahmi dalam rangka Menuju Industrial Peace”.

“May Day tahun 2022 kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena tema pun kita ambil “Ketupat MAY DAY”. Ini merupakan semangat silaturahmi untuk membangun hubungan Industrial Peace. Semangat kebersamaan untuk membangun hubungan industrial yang harmonis,” kata Menaker Ida Fauziyah pada puncak perayaan May Day di Masjid Al-Akbar Surabaya, Jawa Timur, Minggu (1/5).

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak pada puncak perayaan May Day di Masjid Al-Akbar Surabaya, Jawa Timur, Minggu (1/5) sampaikan harapan kedamaian hubungan industrial. (GATRA/Flora Karo)

 

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menyambut positif perayaan May Day dan merasa terhormat atas ditunjuknya Masjid Al-Akbar, menjadi tempat berlangsungnya acara May Day 2022. Lebih lanjut, Emil berharap dengan adanya harmonisasi hubungan industrial antar pengusaha dan pekerja/buruh dapat lebih sejahtera.

“Puncaknya diselenggarakan di Surabaya. Sebelumnya selama 30 hari ini sudah dimulai perayaan hari buruh dan dilaksanakan oleh seluruh Disnaker seluruh Indonesia beserta perwakilan serikat pekerja seluruh provinsi,” imbuh Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan Jamsos), Kemnaker, Indah Anggoro Putri.

Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan Jamsos), Kemnaker, Indah Anggoro Putri pada puncak perayaan May Day di Masjid Al-Akbar Surabaya, Jawa Timur, Minggu (1/5). (GATRA/Flora Karo)

 

Dalam rangkaian perayaan May Day tahun ini, Kemnaker mengadakan sejumlah kegiatan. Mulai dari lomba futsal antar-Dinas Tenaga Kerja Provinsi yang memperebutkan Piala Menteri Ketenagakerjaan, penyerahan paket sembako kepada pekerja/buruh di 34 provinsi, serta penyerahan klaim Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) kepada perwakilan pekerja yang ter-PHK di sekitar Surabaya.

92