Home Olahraga Blackburn Rovers Klub Inggris Pertama Selenggarakan Salat Idulfitri di Stadion Dihadiri Ribuan Jemaah

Blackburn Rovers Klub Inggris Pertama Selenggarakan Salat Idulfitri di Stadion Dihadiri Ribuan Jemaah

44

Blackburn, Gatra.com– Klub Inggris dari divisi EFL Championship, Blackburn Rovers, mencatat sejarah dengan menjadi klub pertama di Inggris yang menyelenggarakan ibadah salat Id di dalam stadion mereka, Ewood Park, pada perayaan Idulfitri 2022 ini.

Tercatat sebanyak 2.000 jemaah Muslim memadati rumput stadion berkapasitas 31.367 bangku penonton itu. Salat Id digelar sekitar pukul 8.30 waktu setempat. Lembaran plastik diamparkan di atas rumput stadion sebagai alas untuk bersembahyang.

“Kami hidup dan bernapas di satu kota, satu klub, dan satu komunitas. Kejadian seperti ini menunjukkan bahwa ini lebih baik dari segalanya,” ujar manager integrasi Blackburn, Yasir Sufi, seperti dilansir oleh BBC News, Selasa, (4/5).

“Ini menunjukkan bahwa kita semua adalah satu kesatuan. Tak penting siapa Anda atau apa identitas Anda, klub ini [Blackburn] adalah suatu tempat di mana Anda bisa menjadi bagian,” imbuhnya.

Ahmed Khalifa (37), pria asal Sudan yang baru singgah di Blackburn empat bulan lalu, mengaku bahagia dengan kesempatan yang diberikan oleh klub kebanggan kota yang terletak di wilayah keletnanan Lancashire itu.

“Idulfitri bagi Muslim adalah sesuatu yang spesial karena mengumpulkan banyak saudara-saudara. Sekarang kami merantau di sini dan merindukan saudara di rumah. Akan tetapi sangat berarti bagi kami melihat banyak orang berkumpul di stadion ini,” ungkap Khalifa.

Ewood Park sedang tidak digunakan untuk bertanding pada hari H Idulfitri 2022. Blackburn bermain di stadion itu pada Sabtu lalu, 30 April 2022. Dalam pertandingan melawan Bournemouth di kandang kala itu, mereka dipermalukan tiga gol tanpa balas.

The Rovers saat ini bertengger di posisi kesembilan di klasemen sementara EFL Championship dengan perolehan 66 poin dan masih menyisakan satu pertandingan melawan Birmingham di partai tandang 7 Mei nanti.

Mimpi Blackburn untuk kembali ke kasta tertinggi Liga Inggris saat ini masih belum tercapai. EFL Championship telah memastikan Fulham dan Bournemouth promosi ke EPL musim depan. Posisi ketiga masih akan diperebutkan oleh Nottingham Forest dan Huddersfield.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS