Home Nasional Kebijakan One Way dari Tol Kalikangkung hingga Cikampek Diberlakukan 6-8 Mei 2022

Kebijakan One Way dari Tol Kalikangkung hingga Cikampek Diberlakukan 6-8 Mei 2022

Semarang, Gatra.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi memberlakukan kebijakan satu jalur atau one way di jalur tol Trans Jawa, mulai dari gerbang pintu tol Kalikangkung Semarang hingga Cikampek Jawa Barat pada arus balik Lebaran mulai Jumat (6/5).

Penerapan one way tersebut dimungkikan akan berlangsung hingga Minggu (8/5) yang diperkiran merupakan puncak arus balik Lebaran. Pemberlakukan one way bisa 24 jam.

Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi menyatakan, kebijakan penerapan one way di jalur tol trans Jawa merupakan realisasi dari jadwal yang sudah dibuat untuk mengantisipasi kemacetan pada arus balik Lebaran di jalan tol.

"Kami minta masyarakat masyarakat yang terkena dampak penerapan one way di jalan tol untuk memanfaatkan jalur alternatif yang ada. Pilih waktu sore atau malam hari saat tingkat kesibukan masyarakat menurun," katanya saat mencanangkan pemberlakukan one way di gerbang tol Kalikangkung Semarang, Jumat (6/5).

Hadir dalam pencanangan itu Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan , Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono,dan Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Kepala Korlantas menambahkan masyarakat pengguna jalan untuk tidak menunggu di pintu tol mengingat penerapan one way dapat berlangsung penuh 24 jam hingga 8 Mei 2028.

"Kami harapkan masyarakat tidak menunggu di pintu tol agar tak terjadi kemacetan dan memanfaatkan jalur alternatif di luar tol yang ada," ujar Firman.

Sementara kitu, Menteri perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan penerapan one way pada arus balik Lebaran ini merupakan bagian dari tugas negara, dan amanat Presiden untuk menciptakan mudik lebaran yang aman dan sehat.

"Pemberlakuan one way merupakan diskresi kepolisian dalam upaya memberikan jaminan keamanan pada masyarakat selama mudik Lebaran," ujarnya.

Menhub memberikan apresiasi pada peran TNI- Polri serta stakeholder terkait dalam mengamankan serta mengatur kelancaran arus mudik dan balik Lebaran.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono meminta agar para pengendara dapat berperilaku baik saat berada di jalan pada masa arus balik Lebaran demi keselamatan diri sendiri dan orang lain.

"Hasil evaluasi arus mudik Lebaran tahun 2022 lebih baik dibanding 2019.

Angka kecelakaan lalu lintas menurun. Saya harap ini dipertahankan pada arus balik Lebaran," katanya.

1102