Home Ekonomi Penjualan BBM Masa Lebaran 2022 di Jateng dan DIY Meningkat Tajam

Penjualan BBM Masa Lebaran 2022 di Jateng dan DIY Meningkat Tajam

Semarang, Gatra.com - Penjualan bahan bakar minyak (BBM) Pertalite dan Pertamax series di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada arus mudik dan balik Lebaran 2022 meningkat tajam.

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho mengatakan bahwa kebutuhan BBM para pemudik baik pada arus mudik dan arus balik Lebaran bisa dipenuhi.

“Puncak arus balik Lebaran pada 6 Mei 2022 penjualan BBM Pertalite dan Pertamax series meningkat hingga lebih dari 57%,” katanya di Semarang, Selasa (10/5).

Penjualan BBM gasoline (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) itu, lanjut Brasto lebih tinggi dari estimasi awal peningkatan pada puncak arus balik Lebaran sebesar lebih dari 45%.

Kenaikkan juga terjadi pada puncak arus mudik Lebaran di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan DIY pada Minggu, 1 Mei 2022 (H-1 Idulfitri) meningkat hingga 56% dibandingkan kondisi normal.

"Penjualan ini jauh lebih tinggi dari estimasi awal yang rata-rata pada masa mudik Lebaran meningkat lebih dai 42% di hari yang sama. Kami terus monitor agar stok dan distribusi di SPBU berjalan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan BBM yang luar biasa sepanjang arus mudik dan balik Lebaran,” ujar Brasto.

Menurutnya, untuk wilayah dengan peningkatan penjualan tertinggi terjadi di Kabupaten Brebes mencapai 813 kiloliter per hari atau meningkat 120% dibandingkan rerata normal yang hanya 368 kiloliter per hari. Kemudian disusul Kabupaten Kebumen sebanyak 678 kiloliter per hari atau naik 119% dibandingkan kondisi normal yakni 309 kiloliter per hari, dan Kabupaten Tegal 743 kiloliter per hari atau naik 102% dibandingkan kondisi normal diangka 366 kiloliter per hari.

“Kami menyampaikan apresiasi serta terima kasih kepada gubernur Jateng dan DIY, serta bupati/wali kota beserta jajarannya, Kepolisian, TNI, Dinas ESDM, Dinas Perhubungan, Jasa Marga, Telkom, perbankan dan seluruh pihak yang mendukung kelancaran operasional layanan energi Pertamina sepanjang masa Satgas Ramadan dan Idulfitri 2022,” ujar Brasto.

Pertamina Patra Niaga, imbuh Brasto terus menyiagakan Tim Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2022 hingga 16 Mei, mengantisipasi masih adanya masyarakat yang melakukan perjalanan.

“Untuk informasi lebih lanjut terkait produk dan layanan Pertamina Siaga, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135,” katanya.

1062