Home Olahraga Barcelona Tekor Rp2,3 Triliun, Coutinho Bahagia Bisa Permanen di Aston Villa

Barcelona Tekor Rp2,3 Triliun, Coutinho Bahagia Bisa Permanen di Aston Villa

209

Birmingham, Gatra.com - Barcelona dan Aston Villa sudah mengumumkan kesepakatan transfer permanen Philippe Coutinho. Blaugrana bersedia melepas pemain asal Brasil tersebut dengan nilai 20 juta euro, atau skira Rp303 miliar.

Tak pelak angka itu membuat Barcelona tekor triliunan rupiah. Pasalnya saat Barcelona mendatangkan Coutinho dari Liverpool di awal 2018 lalu, tim asal Catalan tersebut merogoh kocek sebesar 165 juta euro atau sekira Rp2,63 triliun.

Baca Juga:

Chelsea Berambisi Rusak Mimpi Liverpool

Coutinho pun menjadi pembelian termahal di Barcelona. Saat itu, Coutinho diikat dengan kontrak berdurasi 5,5 tahun, atau hingga pertengahan 2024. Sayangnya, kontribusi yang tidak sepadan dengan predikatnya sebagai pemain termahal.

Pada 2019, Coutinho sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen. Namun saat kembali Barcelona, kontribusinya juga tidak maksimal. Akhirnya di awal 2022, Coutinho dipinjamkan ke Aston Villa. Secara total Coutinho bermain 106 kali untuk Barcelona dan mencetak 26 gol.

Sedianya, dalam kesepakatan peminjaman, ada klausul Aston Villa bisa membeli Coutinho dengan harga 40 juta euro (sekitar Rp614,451 miliar). Namun Barcelona rela memberi diskon hingga 50% agar transfer berjalan mulus. Coutinho diikat Villa hingga 2026.

Baca Juga:

Benzema Sejajar dengan Raul Gonzalez, Tertinggal 127 Gol dari Ronaldo

Coutinho pun senang bisa bergabung permanen dengan Aston Villa. "Saya sangat percaya pada klub ini dan itulah mengapa saya menandatangani kontrak di sini. Saya sangat, sangat bahagia," katanya.

Sejak Januari lalu, Coutinho membuat dampak langsung di Villa Park dengan beberapa penampilan luar biasa. Dia telah mencetak empat gol dan menyumbang tiga assist hingga saat ini.

Baca Juga:

17 Tahun Bersama Juventus, Giorgio Chiellini Pamitan

Arsitek Aston Villa Steven Gerrard mengatakan, ini adalah penandatanganan yang brilian untuk timnya. Coutinho, katanya, adalah seorang pemain profesional dan dampaknya terhadap klub telah sangat jelas sejak bergabung pada bulan Januari.

"Dengan cara dia melakukan dirinya di dalam dan di luar lapangan, dia juga merupakan panutan yang berharga bagi para pemain muda kami yang hanya bisa mendapatkan keuntungan dari pengalamannya," katanya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS