Home Regional Aduh! PMK Bikin Harga Sapi di Pasaran Melonjak

Aduh! PMK Bikin Harga Sapi di Pasaran Melonjak

Slawi, Gatra.com - Penyakit mulut dan kaki (PMK) yang menyerang hewan ternak membuat harga sapi melonjak naik.

Pemilik peternakan sapi PT Rodjo Banteng Mas (RBM) Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Heru Mulyono mengatakan bahwa wabah PMK berpengaruh terhadap harga jual sapi di pasaran.

"Harga jual sapi justru naik sejak mulai adanya wabah PMK," kata Heru di sela pemeriksaan sapi ternaknya pada Selasa (17/5).

Menurut Heru, kenaikan harga tersebut karena stok sapi di pasaran berkurang. Selain itu, lalu lintas pengiriman sapi juga dibatasi untuk mencegah penyebaran PMK.

"Kenaikan harganya sekitar Rp1 juta sampai Rp2 juta per ekor. Bulan Maret harga sapi Rp17 juta, saat ini harganya sudah kisaran Rp19 juta sampai Rp20 juta," jelasnya.

Heru mengakui, sejak PMK menyebar suplai sapi dari Jawa Timur ke peternakannya dihentikan. Padahal sebagian besar stok sapi miliknya berasal dari daerah itu.

"Semuanya juga langsung diperketat, seperti tamu yang hendak masuk ke area peternakan maka wajib disemprot disinfektan terlebih dahulu," katanya.

Sementara itu, pemeriksaan di peternakan sapi PT RBM dilakukan Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan bersama Polres Tegal untuk mengantisipasi penyebaran PMK. Sebanyak 44 ekor sapi di peternakan yang terletak di Desa Penusupan, Kecamatan Pangkah itu seluruhnya dipastikan tidak terjangkit atau mengalami gejala PMK.

1072