Home Kebencanaan Kendal: 8 Desa Diterjang Banjir Rob, Mororejo Terparah 107 Warga Mengungsi

Kendal: 8 Desa Diterjang Banjir Rob, Mororejo Terparah 107 Warga Mengungsi

Kendal, Gatra.com - Anomali cuaca sejumlah desa di pesisir Kabupaten Kendal Jawa Tengah berdampak terjadinya banjir rob. Setidaknya ada 8 desa yang terdampak banjir rob dengan ketinggian banjir bervariasi. Diantaranya yakni, Desa Mororejo, Wonorejo, Karangsari, Bandengan, Gempolsewu, Kartika Jaya, Wonosari dan Pidodo Kulon.

"Desa terparah yang terdampak banjir rob ini ada dua. Desa Mororejo di Kecamatan Kaliwungu dan Kelurahan Karangsari di Kecamatan Kendal Kota," kata Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat meninjau banjir rob di Desa Mororejo, Selasa sore (24/5).

Dari 8 desa yang terdampak, ada sekitar 4.500 warga yang menjadi korban. Bahkan, di Desa Mororejo, ada 107 warga yang terpaksa mengungsi karena rumahnya tergenang banjir rob. Mereka mengungsi di Masjid At Taqwa desa setempat.

Bupati Kendal bersama Kapolres, Dandim dan Sekda Kendal serta para kepala OPD meninjau langsung kondisi Desa Mororejo dan berinteraksi dengan warga yang menjadi korban banjir rob. Ia berpesan agar warga bisa menjaga diri, hati-hati dan waspada karena cuaca saat ini sedang tidak baik. 

"Ini tak hanya terjadi di Kendal saja. Tapi di sepanjang Pantura Jawa Tengah, mulai Pekalongan hingga Semarang dan Demak," ujarnya.

Warga diharapkan waspada dan segera melaporkan ke aparat desa maupun ke TNI-POLRI jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Pada prinsipnya kita akan memberikan fasilitas kepada masyarakat yang terdampak banjir rob ini agar kebutuhan pokoknya terpenuhi," tandasnya.

Penanganan banjir rob jangka panjang, kata Dico, terkait dengan pembangunan jalan tol Kendal-Semarang. Ia berharap pembangunan jalan tol tersebut bisa segera terealisasi untuk mencegah terjadinya kembali banjir rob.

"Ada dua bencana banjir di Kendal yang kita identifikasi. Yakni, banjir rob dan banjir akibat sendimentasi sungai yang tinggi. Untuk sendimentasi sungai sudah kita anggarkan di tahun ini. Progam saya sudah berjalan dan kita pastikan sendimentasi semua diperbaiki," katanya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS