Home Lingkungan Gajah Hamil Tua, Tewas di Kebun Warga Riau

Gajah Hamil Tua, Tewas di Kebun Warga Riau

Pekanbaru, Gatra.com - Seekor gajah betina yang tengah hamil tua ditemukan mati di Desa Koto Pait Beringin, Kecamatan Talang Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau. Gajah tersebut ditemukan dalam areal konsesi perusahaan yang tak jauh dari kebun sawit masyarakat.

Plt Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Fifin Arfiana Jogasara mengatakan, bangkai gajah pertama kali ditemukan oleh karyawan yang bekerja di areal konsesi PT Riau Abadi Lestari, sekitar pukul 12.12 WIB, Rabu (25/5) kemarin.

BBKSDA Riau yang mendapat informasi, kemudian menurunkan tim medis menuju lokasi untuk melakukan nekropsi atau bedah bangkai. Nekropsi juga dibantu oleh dokter hewan dari Kesehatan Hewan Duri.

"Penyebab kematian gajah sumatera belum dapat dipastikan, akan tetapi dari mulut dan anusnya keluar darah," kata Fifin, Kamis (26/5).

Fifin mengatakan, gajah betina tersebut diperkirakan berusia 25 tahun. Dari hasil nekropsi, diketahui gajah tengah dalam kondisi mengandung dan sudah akan melahirkan anaknya.

"Tim mengambil sample hati, dinding usus, paru, dan kotoran gajah tersebut untuk dilakukan uji laboratorium," jelasnya.

Dikatakan Fifin, sampel bagian organ gajah tersebut akan segera dikirim ke Balai Verteriner, Bukit Tinggi, Sumatera Barat untuk mengetahui penyebab kematiannya.

"Setelah dilakukan nekropsi dan sampel organ gajah diambil, tim kemudian menguburkan bangkai gajah tersebut beserta anaknya di sekitar lokasi menggunakan alat berat," ujarnya.