Home Lingkungan Dukung Pelestarian Alam Berkelanjutan, KCN Tanam Bibit Mangrove 1.100 Meter

Dukung Pelestarian Alam Berkelanjutan, KCN Tanam Bibit Mangrove 1.100 Meter

Jakarta, Gatra.com - Badan Usaha Pelabuhan (BUP), PT Karya Citra Nusantara (KCN) mendukung pelestarian alam berkelanjutan di wilayah Pelabuhan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara sebagai bagian dari mewujudkan gerakan penghijauan pelabuhan (green port).

Dukungan ini diwujudkan dalam aksi penanaman bibit mangrove sepanjang 1.100 meter yang merupakan lanjutan program tahap II di area Terminal Umum KCN pier 2 dan pier 3. Kegiatan itu mendapat dukungan dari Kementerian Kordinator Maritim dan Investasi, Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan, Kementerian Perikanan dan Kelautan, Kantor OP Utama Tanjung Priok, dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Diketahui, mangrove jenis Rhizopora Muncronata yang merupakan rekomendasi dari IPB itu tumbuh dapat mencapai ketinggian 30 meter. Selain mangrove, KCN juga sudah menanami kawasan yang dikelolanya dengan pohon jenis Spathodea sebanyak 120 pohon dengan ketinggian kurang lebih tujuh meter.

“Inisiatif giat tanggung jawab sosial dan lingkungan khususnya pada giat penanaman mangrove ini merupakan kontribusi dunia usaha yang patut kita banggakan. Sebagaimana kita ketahui bersama, Presiden Joko Widodo telah menegaskan target rehabilitasi mangrove nasional seluas 600.000 Ha pada tahun 2024,” kata Koordinator Bidang Pengendalian dan Pemanfaatan Hutan Kemenko Maritim dan Investasi, Fatma Puspitasari dalam keterangannya yang diterima pada Minggu (5/6).

Direktur Utama PT KCN, Widodo Setiadi mengatakan bahwa upaya pelestarian alam berkelanjutan itu sebelumnya juga telah dilaksanakan. Penanaman bibit Mangrove Tahap I sepanjang 600 meter telah selesai dilakukan di perimeter selatan terminal umum PT KCN pada tahun 2017.

“Ini merupakan upaya kami untuk mewujudkan pelabuhan yang ramah lingkungan atau disebut juga green port,” ujar Widodo.

Penanaman mangrove jenis Rhizopora Mucronata tahap II yang berlangsung awal Juni 2022 itu akan diikuti oleh penanaman tahap III di kawasan Pelabuhan KCN Marunda. Program lanjutan ini juga telah disesuaikan dengan desain yang terdapat dalam Rencana Induk Pelabuhan (RIP).