Home Hiburan Jakarta Film Week Siap Digelar Lagi Oktober 2022

Jakarta Film Week Siap Digelar Lagi Oktober 2022

Jakarta, Gatra.com - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta kembali menghadirkan Jakarta Film Week, festival film berskala Internasional di Jakarta. Di tahun keduanya, Jakarta Film Week akan diselenggarakan pada 13-16 Oktober 2022 dengan mengusung tema “Emerge” dan akan hadir dengan berbagai program menarik.

Program menarik yang sudah dipersiapkan di Jakarta Film Week tahun ini meliputi roadshow, road to Jakarta Film Week, program film kompetisi dan non-kompetisi, Jakarta Film Fund, dan program kejutan lainnya. Rina Damayan selaku Festival Director mengajak sineas dari dalam dan luar negeri untuk ikut serta di Jakarta Film Week tahun ini.

Di tahun ini penyelenggaraan dilakukan setelah masa pandemi melanda. Antusiasme peserta dan penonton diharapkan dapat menguatkan kembali industri perfilman Tanah Air dan juga dunia. 

“Pandemi masih ada sampai hari ini, tapi kini kita bisa melihat dengan optimisme baru sebagai tanda akan era baru. Jakarta Film Week tahun ini dihadirkan guna menyongsong dan menjelajahi era baru  tersebut bersama semua penonton lewat  film-film pilihan dari berbagai belahan dunia serta kegiatan bersama beragam pelaku industri dan komunitas film,” ungkap Rina Damayan dalam keterangan resminya, Selasa (7/6/2022).

Untuk para pembuat film yang ingin bergabung di Jakarta Film Week 2022, pendaftaran film yang ingin diikutsertakan     dalam festival ini sudah dibuka di situs     resmi www.jakartafilmweek.com. 

Peserta dapat mendaftarkan film pendek dan panjang, hingga film animasi, di  Jakarta Film Week dalam program Film Compeon. Seluruh persyaratan dapat diakses di https://bit.ly/JFW2022FilmSubmission. Kesempatan ini terbuka untuk pembuat film nasional dan internasional.

Program lain yang hadir di Jakarta Film Week adalah Jakarta Film Fund. Jakarta Film Fund merupakan  kompetisi  ide  cerita  film  pendek untuk  pembuat  film  generasi  baru, didukung dengan pendampingan teknis, sumber daya produksi sebesar Rp 50.000.000, dan mentoring profesional dari Jakarta Film Week. Kompetisi ini khusus untuk warga DKI Jakarta.

Para pembuat film yang ingin bergabung di program kompresi Jakarta Film Fund sudah dibuka. Semua pembuat film di Jakarta yang tertarik bergabung dapat mendaftarkan proposal ide cerita melalui situs resmi www.jakartafilmweek.com.   Informasi lebih lanjut  bisa didapat melalui program@jakartafilmweek.com. Sementara untuk seluruh persyaratan dapat diakses di https://bit.ly/JFF2022Submission .

Jakarta Film Week diharapkan menjadi wadah bagi para pelaku industri film Indonesia, terutama di Jakarta, agar semakin berkembang baik secara wacana, keterampilan, juga pengembangan jaringan. 

Selain itu, penyelenggaraan ini juga diharapkan dapat menjadi pemicu bagi industri film di daerah lain untuk semakin berkembang sehingga bisa meningkatkan kualitas industri film di Indonesia secara keseluruhan. 

Setelah sukses dengan edisi perdana tahun lalu, festival Jakarta Film Week akan kembali menerangi layar-layar perak di ibu kota Indonesia. Acara utama akan berlangsung pada 13-16 Oktober 2022 secara online dan offline dengan rencana roadshow dan berbagai program publik di bulan-bulan menjelang festival. 

Tema tahun ini bertajuk “Emerge”. Lahir ketika pandemi sedang tinggi-tingginya, Jakarta Film Week telah menjadi saksi atas berbagai perubahan dan pergumulan yang dipaksakan oleh krisis kesehatan global. Pandemi masih ada sampai hari ini, tapi kini festival ini bisa melihat secercah cahaya baru

308