Home Internasional Ukraina Desak Ingin Membeli Iron Dome Israel

Ukraina Desak Ingin Membeli Iron Dome Israel

Tel Aviv, Gatra.com - Duta Besar Ukraina Yevgen Korniychuk mendesak Israel untuk menjual sistem intersepsi roket, Iron Dome dan menyediakan rudal anti-tank untuk membela warga sipil dari invasi Rusia.

Associated Press, Rabu (8/6) melaporkan Dubes Korniychuk menganggap Israel telah menahan penjualan sistem pertahanan rudal. Dia ingin pemerintah Israel mendukung secara verbal tindakan Ukraina melalui bantuan militer. 

Pada konferensi pers di Tel Aviv, dia mengatakan Ukraina ingin membeli sistem Iron Dome. Ia mengatakan bahwa AS tidak akan menentang penjualan semacam itu.

Menurut Layanan Penelitian Kongres, AS telah secara finansial mendukung Iron Dome Israel selama sekitar satu dekade, dan menyediakan anggaran sekitar US$1,6 miliar untuk produksi dan pemeliharaannya. Sistem ini dirancang untuk mencegat dan menghancurkan roket jarak pendek yang ditembakkan ke Israel.

Korniychuk juga mengatakan Israel pekan lalu menolak permintaan AS agar Jerman mengirimkan rudal anti-tank "Spike" berlisensi Israel ke Ukraina.

Israel telah membatasi dukungannya untuk Ukraina pada bantuan kemanusiaan, dan merupakan satu-satunya negara yang mengoperasikan rumah sakit lapangan di dalam negeri pada awal tahun. 

Israel khawatir jika membantu Ukraina secara militer, maka akan mengobarkan Rusia, yang memiliki pengaruh ‘kehadiran’ militer di negara tetangganya Suriah. Israel, yang sering melakukan serangan terhadap target musuh di Suriah, bergantung pada Rusia sebagai koordinasi keamanan.

Pihak Kementerian Pertahanan Israel belum memberikan berkomentar mengenai hal ini.

124