Home Ekonomi Legislator Minta Menparekraf Perhatikan Objek Wisata Megalitikum Gunung Padang

Legislator Minta Menparekraf Perhatikan Objek Wisata Megalitikum Gunung Padang

Jakarta, Gatra.com – Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Barat II: Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, Irwan Ardi Hasman, mengatakan, akan berupaya menyampaikan kondisi fasilitas tempat objek wisata sejarah di situs budaya Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat kepada Menparekraf Sandiaga Uno.

“Saya mencoba untuk menyampaikan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif agar datang ke daerah ini dan membantu pembangunan fasilitas tempat bersejarah itu,” ujarnya dalam keterangan diterima pada Minggu (12/6).

Legislator dari Komisi II DPR tersebut akan mengupayakan hal tersebut karena fasilitas di tempat objek wisata situs prasejarah kebudayaan megalitikum yang berpadu dengan alam dalam satu kawasan Gunung Padang tersebut sangat mengkhawatirkan karena masih minimnya perhatian pemerintah.

“Setelah saya melihat langsung kondisi tersebut, maka ini menjadi perhatian bersama oleh pemerintah dan stakholders,” ujarnya.

Irwan mengungkapkan, sengaja mendatangi Gunung Padang untuk mendengarkan apa yang menjadi keluhan dan aspirasi dari warga, budayawan, serta tokoh masyarakat di sekitar situs tersebut.

Menurutnya, menyerap aspirasi merupakan tugas dan fungsinya selaku wakil rakyat, khususnya yang berada di Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur yang menjadi konstituen di daerah pemilihannya.

“Meski sebagai anggota Komisi II, namun saya peduli atas kelestarian lingkungan dan budaya, apalagi di dapil saya ada sebuah situs prasejarah kebudayaan megalitikum yang menyatu dengan alam,” katanya.

Irwan mendatangi kawasan Gunung Padang dan melakukan pertemuan yang dihadiri ulama, tokoh adat, tokoh masyarakat, ketua Badan Permusyawaratan Desa, dan unsur penjaga situs sejarah megalitikum Gunung Padang.

Mereka menyampaikan terima kasih atas kunjungan legislator dari Fraksi Partai Gerindra tersebut. “Masyarakat setempat menyampaikan kurangnya perhatian Pemerintah, baik pusat maupun daerah terhadap situs prasejarah yang sudah mendunia ini,” katanya.

Mereka merawat dengan seadanya mengandalkan tiket kunjungan wisatawan ke tempat tersebut. Tokoh masyarakat mengatakan, sejatinya tempat itu bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Namun, karena minimnya fasilitas dan ditambah Pandemi Covid-19 membuat daerah tersebut sepi dari pengunjung,” ujarnya.

Situs prasejarah kebudayaan megalitikum Gunung Padang sempat ramai diperbincangkan, baik domestik maupun Internasional ketika era Presiden ke VI Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pasalnya, disebut-sebut menyimpan kandungan tambang emas, namun apakah mitos atau tidak sampai saat ini masih belum terpecahkan.

Kendati demikian, wilayah itu menjadi objek wisata yang fenomenal karena pesona alamnya dan destinasi wisata sejarahnya yang juga masih menjadi misteri. Gunung Padang masuk dalam wilayah Kampung Gunung Padang dan Cipanggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Cianjur, Jabar.

91