Home Milenial Intip Cerita di Balik Film Galaxy Movie Studio 2022 “Seperti Sediakala”

Intip Cerita di Balik Film Galaxy Movie Studio 2022 “Seperti Sediakala”

Jakarta, Gatra.com – Samsung Electronics Indonesia melalui Galaxy Movie Studio 2022 merilis film pendek berjudul “Seperti Sediakala” hasil kolaborasi dengan Serangkai Films sebagai pemenang dari kompetisi film yang diselenggarakan sebelumnya. Direkam menggunakan Galaxy S22 Ultra 5G, film pendek yang bisa ditonton versi lengkap di YouTube dan versi pendek di bioskop ini benar-benar membuktikan kemampuan Galaxy S22 Ultra dalam menciptakan video sekelas film profesional yang epik. Samsung dan Serangkai Films membagikan cerita menarik di balik proses pembuatan film tersebut.

Head of MX Marketing Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, Andi Airin menyatakan, Samsung telah memberikan inovasi terbaik di Galaxy S22 Ultra 5G sehingga mampu menjadi smartphone yang dapat menghasilkan movie-like video dengan kualitas beyond the standard. “Kemampuan flagship terbaik Samsung ini juga dapat membuka lebih banyak kemungkinan bagi anak-anak muda untuk berkreasi menciptakan karya profesional. Hal ini yang ingin kami tunjukkan melalui kolaborasi kami bersama Serangkai Films dalam membuat Seperti Sediakala,” kata Andi.

Semangat tersebut, lanjut Andi, akan mendorong Samsung terus berkontribusi terhadap kemajuan industri kreatif, khususnya perfilman, melalui lebih banyak inisiatif dari Galaxy Movie Studio ke depannya. Sutradara “Seperti Sediakala”, Anggita Puri menyebut, Galaxy S22 Ultra 5G punya segala fitur dan kemampuan untuk menciptakan video dengan kualitas profesional.

“Bahkan, dengan pakai smartphone, kita bisa lebih clear dalam mengulik angle dan pergerakan kamera karena smartphone itu sendiri compact, ringan, dan juga fleksibel. Hal ini juga yang membuat kami bisa lebih agile dalam merekam tiap scene, sehingga kami bisa memaksimalkan tiap menit dalam proses shooting dengan maksimal,” tutur Puri.

Mentor film “Seperti Sediakala”, Angga Dwimas Sasongko menyebut, pihaknya menggarap film pendek yang epik dengan memaksimalkan berbagai fitur dan kemampuan yang dimiliki oleh Galaxy S22 Ultra 5G. Hasil “Seperti Sediakala” menjadi spesial karena untuk pertama kalinya tim menjalani shooting dengan smartphone, di mana semua bisa diselesaikan dengan waktu yang singkat dan proses shooting yang efisien.

Smartphone is an active point of view, so it is a matter of how the filmmaker bisa memaksimalkan dan menempatkan smartphone tersebut, mulai dari pemilihan angle sampai penentuan mode kamera, to serve the story,” kata Angga.

Rekam video epik di kondisi low light bukan halangan dengan Nightography

“Seperti Sediakala” merupakan film pendek dengan low light ambience yang kuat. Hal itu tampak dari pengambilan gambar di malam hari hingga penggunaan cahaya yang lembut di dalam set. Hal tersebut menjadi tantangan karena cahaya lampu di malam hari bisa menimbulkan noise, ditambah perekaman di dalam ruangan dengan cahaya yang lembut membuat video jadi under exposure. Dalam hal ini, Nightography mampu mengakomodasi kebutuhan Puri dan tim mewujudkan treatment visual yang ditetapkan karena cahaya bisa ditangkap secara maksimal, meski shooting dalam kondisi low light.

Atur pengambilan gambar layaknya pakai kamera profesional dengan Pro Mode

Dengan latar tempat yang cukup tricky, Puri dan tim membutuhkan pengaturan pengambilan gambar yang lebih advance agar hasil video yang direkam benar-benar sesuai keinginan. Dalam hal ini, Pro Mode di Galaxy S22 Ultra 5G yang bisa mengatur ISO, fokus, hingga white balance memberikan Puri beserta tim keleluasaan dalam merekam layaknya menggunakan kamera profesional. Selain itu, Pro Mode pada foto yang hasilnya tak kalah epik pun banyak digunakan untuk mengambil still image yang dapat memberikan inspirasi akan angle-angle menarik yang bisa digunakan pada saat shooting.

Bikin video jadi lebih dramatis dengan Cinematic Camera Movement

Sisi emosional karakter menjadi elemen yang sangat ditonjolkan dalam “Seperti Sediakala”. Karena itu, film ini banyak menggunakan pergerakan kamera yang shaky supaya scene yang diambil menjadi lebih dramatis sekaligus menguatkan emosi yang ditampilkan karakter. Teknik pengambilan gambar seperti itu dapat dieksekusi dengan baik berkat teknologi Cinematic Camera Movement di Galaxy S22 Ultra 5G. “Footage yang diambil akan otomatis terstabilisasi sehingga gambar yang dihasilkan jadi lebih minim getaran, jadi kami bisa mendapatkan efek shaky yang diinginkan untuk membuat scene menjadi lebih hidup dan dinamis,” ucap Puri.

Proses shooting jadi lancar dengan all-day battery

Dihadapkan dengan tantangan akan waktu shooting yang singkat, apalagi film “Seperti Sediakala” banyak mengambil scene di malam hari. Tim benar-benar terbantu dengan All-day Battery dari Galaxy S22 Ultra 5G untuk merekam dan review gambar seharian tanpa khawatir baterai akan cepat habis. Hal tersebut membuat tim film lebih fokus untuk mendapatkan gambar yang diinginkan sekaligus membuat proses shooting bisa terus berjalan tanpa hambatan akan keperluan untuk mengecas.

Tonton Seperti Sediakala di channel YouTube Samsung dan bioskop terdekat

“Suatu malam, Intan berkunjung ke Toko Perhiasan Sekala untuk membuat cincin pernikahannya. Di sana, Intan bertemu dengan Kala, sang pengrajin perhiasan misterius yang sangat mengenal Intan. Intan merasa sangat familiar dengan wajah Kala, juga dengan toko perhiasan itu. Apa hubungan di antara Intan, Kala, dan Toko Perhiasan Sekala?” Begitulah sinopsis film pendek “Seperti Sediakala”. Penasaran cerita selengkapnya? “Seperti Sediakala” sudah tayang pada 13 Juni 2022 di YouTube Channel Samsung Indonesia.

Versi pendek film ini juga tayang di bioskop XXI Summarecon Serpong, Aeon Mall Sentul City, Kota Kasablanka, Ambarukmo Yogya, Plaza Senayan, dan Lenmarc sampai 13 Juli 2022.