Home Gaya Hidup Shock! BTS Umumkan Hiatus

Shock! BTS Umumkan Hiatus

Seoul, Gatra.com – Ketujuh anggota BTS telah mengumumkan bahwa mereka akan hiatus sebagai idol group untuk fokus pada karir solo masing-masing. Kabar mengejutkan itu diumumkan bertepatan dengan perayaan ulang tahun grup mereka, Selasa malam (14/6).

“Kami akan hiatus sekarang,” kata Suga, 29, dalam video yang telah ditonton hingga 15 juta kali di YouTube. Video tersebut juga bercokol #3 pada jajaran Trending, dilansir The Guardian.

Namun demikian, Hybe, perusahaan hiburan yang menaungi BTS, menyatakan bahwa grup tersebut tidak akan hiatus dan akan terus mengerjakan proyek sebagai grup maupun individu. “BTS tidak hiatus. Anggota akan lebih fokus pada proyek solo saat ini,” kata pernyataan resmi mereka, tetapi tidak memberikan rincian.

Pada acara makan malam tersebut, J-Hope, RM, Suga, Jungkook, V, Jin, dan Jimin menjelaskan soal mengapa mereka memutuskan untuk istirahat.

“Anggota grup ini kelelahan. Saya selalu berpikir bahwa BTS berbeda dari grup lain,” ujar RM, 27. “Tapi masalah dengan K-pop dan seluruh sistem idola adalah mereka tidak memberimu waktu untuk menjadi dewasa,” tambahnya.

Suga mengklarifikasi bahwa ini bukan perpisahan. “Bukannya kami bubar. Kami hanya hidup terpisah untuk sementara waktu,” imbuh dia.

Beberapa pengamat K-pop berspekulasi bahwa persyaratan wajib militer Korea Selatan mungkin menjadi faktor hiatusnya Bangtan Boys. Jin, anggota tertua dari grup tersebut, akan memulai wajib militer selama hampir dua tahun pada akhir tahun ini.

Diketahui, Majelis Nasional sedang membahas revisi UU untuk mengizinkan pengecualian wajib militer bagi orang-orang yang memberikan kontribusi besar bagi Korea Selatan dalam kancah internasional. Namun, media Korea Selatan berspekulasi bahwa RUU itu tidak mungkin disahkan karena tentangan yang meluas di antara pria berusia 20-an.

Kabar ini muncul hanya beberapa hari setelah grup tersebut merilis Proof, sebuah album antologi yang menyertakan single baru, Yet To Come (The Most Beautiful Moment).

BTS dijadwalkan menjadi penampil utama di festival musik raksasa Chicago, Lollapalooza pada akhir musim panas ini.

62