Home Politik Dukungan Capres Meluas dari Banten hingga Manado, Ganjar: Tugas Gubernur Dulu..

Dukungan Capres Meluas dari Banten hingga Manado, Ganjar: Tugas Gubernur Dulu..

Jakarta, Gatra.com – Pemandangan tak biasa muncul dari aktivitas Taksi Online di Manado, Sulawesi Utara baru-baru ini. Sejumlah masyarakat yang tergabung dalam Komunitas Taksi Online alias Taksol melakukan deklarasi dukungan mengusung Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo maju di kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada Kamis (16/6).

Sebelum deklarasi dukungan muncul dari Kota Tinutuan, relawan Sahabat Ganjar telah mendeklarasikan diri secara terbuka di Banten dan Bekasi. Kegiatan para relawan dibuka dengan Pasera atau pembagian Paket Sembako Rakyat. Terdapat 100 paket sembako yang diberikan untuk membantu masyarakat yang berada di Kecamatan Sario, Kota Manado. Mekanisme pemberian sembako tersebut diberikan secara door to door atau datang ke setiap rumah warga.

Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Sahabat Ganjar Sulawesi Utara, Jotje A. Bukarakombang menyebutkan, pembagian paket sembako tersebut sekaligus langkah sosialisasi yang dilakukan relawan ke masyarakat dalam rangka “membumikan” sosok Ganjar Pranowo.

“Selain membantu masyarakat, kita juga melakukan sosialisasi seputar [profil] Bapak Ganjar. Karena, beliau adalah Gubernur Jawa Tengah. Jadi, kita semua yang bergerak melakukan kegiatan mengenalkan sosok Ganjar kepada masyarakat,” ujar Jotje.

Relawan Sahabat Ganjar turut menempelkan stiker, memasang kalender serta melakukan kegiatan pendataan kepada masyarakat yang sudah menerima bantuan. Pendataan dilakukan dengan menggunakan mekanisme aplikasi digital.

Selain Pasera, kegiatan di Manado juga dilanjutkan dengan deklarasi dukungan yang dilakukan oleh komunitas Taksi Online di Kecamatan Sario. Jotje mengatakan, sebanyak 50 driver taksi mengikuti deklarasi dukungan kepada Ganjar Pranowo. “Kita mengharapkan dukungan kepada Ganjar Pranowo tidak hanya hadir dari 50 driver yang hadir di sini,” Jotje menjelaskan.

Kegiatan tersebut ditutup dengan konvoi Taksi Online tertib aturan. “Mari kita bersama-sama sosialisasikan sosok Ganjar Pranowo kepada kerabat dan keluarga terdekat,” kata Jotje.

Diketahui, dukungan terhadap Ganjar semakin meluas di masyarakat. Teranyar, hasil survei Charta Politika menempatkannya dalam urutan teratas elektabilitas tokoh yang bakal digadang sebagai capres. Dalam simulasi 3 nama yang ditakar Charta Politika, Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas 36,5 persen, disusul Prabowo Subianto 26,7 persen, dan Anies Baswedan dengan 24,9 persen.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memilih tidak berkomentar banyak terhadap banjirnya dukungan pada dirinya. Secara normatif, ia menyebut, tugas sebagai kepala daerah jauh lebih penting ketimbang bicara kontestasi Pilpres 2024.

Ganjar menyampaikan hal tersebut merespons banyaknya dukungan bagi dirinya maju Pilpres 2024. “Tugas saya sebagai gubernur hari ini jauh lebih penting,” singkat Ganjar kepada wartawan di Kantor Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (17/6). Ganjar menuturkan, dirinya fokus mengawal tugas-tugas kegubernuran dan meningkatkan kapasitas dengan mengikuti berbagai diklat dan sekolah politik. “Seperti diklat atau sekolah kepala daerah ini,” tandasnya.

187