Home Kalimantan Suplai Air Bersih ke Wilayah Pesisir Belum Maksimal

Suplai Air Bersih ke Wilayah Pesisir Belum Maksimal

Banjarbaru, Gatra.com - Memasuki usia ke -34 tahun, PT Air Minum Intan Banjar, belum sepenuhnya dapat memberikan layanan suplai air bersih kepada pelanggan, terutama yang tinggal di wilayah pesisir.

Dirut PT Air Minum Intan Banjar, Syaiful Anwar mengungkapkan, pelayanan kepada pelanggan memang masih belum maksimal terutama yang berada di wilayah kecamatan terjauh seperti Aluh - Aluh, Tatah Makmur dan Beruntung Baru. Sedangkan untuk wilayah Kota Banjarbaru, semua pelanggan sudah bisa terlayani dengan maksimal.

"Kita akan terus tingkatkan pelayanan air bersih di tiga kecamatan itu yang memang lokasinya cukup jauh. Saat ini suplai sudah 360 liter per detik. Kita akan tingkatkan lagi menjadi 500 liter per detik dengan memaksimalkan instalasi pengolahan air yang ada di Jalan Gubernur Syarkawi, ini merupakan fokus pekerjaan kami," beber Syaiful kepada Gatra.com, Rabu (22/6).

Selain itu, terang Syaiful, PT Air Minum Intan Banjar juga akan memasang pipa berukuran jumbo di sepanjang jalan Palem menuju perkantoran Setdaprov Kalsel di Kota Banjarbaru. "Tujuannya agar pasokan air ke perkantoran bisa terpenuhi sesuai kebutuhan yang terus bertambah seiring ibu kota provinsi akan pindah dari Banjarmasin ke Banjarbaru," cetusnya.

Adapun masih adanya beberapa pelanggan terutama yang tinggal berbatasan langsung dengan Kota Banjarmasin yang mau mutasi dari PT Air Minum Intan Banjar ke PT Air Minum Bandarmasih miliknya Pemkot Banjarmasin, Syaiful meyakini itu tidak akan terjadi, karena pasokan air bersih menuju perbatasan sudah lancar setalah dikoneksikannya pipa jumbo di wilayah Kecamatan Gambut.

"Kita juga sudah melakukan MoU dengan PT Air Minum Bandarmasih. Kalau ada gangguan suplai air pada pelanggan di wilayah perbatasan, maka bisa segera teratasi," ujarnya.