Home Kebencanaan 8 Desa di Cilacap Terendam Banjir, Puluhan Mengungsi

8 Desa di Cilacap Terendam Banjir, Puluhan Mengungsi

Cilacap, Gatra.com – Sebanyak delapan desa di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah dilanda banjir dipicu hujan intensitas tinggi pada Minggu hingga Senin dinihari (27/6).

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Gatot Arif Widodo mengatakan, dari delapan desa, banjir terparah terjadi di tiga desa, yakni Kalijeruk, Kecamatan Kawunganten, Rawajaya, Kecamatan Bantarsari, dan Sidareja, Kecamatan Sidareja.

“Yang terparah, itu Desa Kalijeruk, sampai adanya pengungsian.Tapi kalau pengungsian jumlahnya belum masuk lagi. Ini ada yang masuk lagi, Desa Sidareja, Mas,” kata Gatot.

Dia menjelaskan, pada Senin sore, dilaporkan sebanyak 35 jiwa di Dusun Cibenon, Desa Sidareja, Kecamatan Sidareja mengungsi di aula Markas Koramil. Sementara, di Desa Kalijeruk, dilaporkan terdapat warga mengungsi namun jumlahnya belum pasti.

Hari ini, BPBD masih melakukan assesment sekaligus penanganan tanggap darurat banjir. BPBD dan instansi terkait lainnya juga menyuplai kebutuhan logistik di pengungsian.

“Banjir, kemarin empat desa, kemudian hari ini ada tambahan empat desa lagi. Nah, di desa-desa itu tadi, sudah masuk laporan, sedang kami susun,” ucap dia.

Gatot Arif menambahkan, sebanyak empat desa terendam banjir pada Minggu yakni Desa Citepus dan Prapagan, Kecamatan Jeruklegi, Desa Cisuru, Kecamatan Cipari, Desa Cidondong, Kecamatan Bantarsari.

Kemudian, pada Minggu, sejumlah desa menyusul terendam, yakni Desa Sidareja, Gunungreja dan Tegalreja, Kecamatan Sidareja serta Desa Rawajaya, Kecamatan Bantarsari.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS