Home Internasional Sanggah Pesan Jokowi ke Putin, Jubir Presiden Sergey Nikiforov: Pemimpin Ukraina Sampaikan Pesan Hanya dengan Pidato Publik

Sanggah Pesan Jokowi ke Putin, Jubir Presiden Sergey Nikiforov: Pemimpin Ukraina Sampaikan Pesan Hanya dengan Pidato Publik

Moskow, Gatra.com – Soal pesan antar pemimpin negara, kini berbuntut panjang. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan telah menyampaikan pesan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, dalam pertemuan di Kremlin, Kamis (30/6).

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pun langsung angkat bicara soal pesan apa yang dibawa Presiden Jokowi dari Kyiv ke Moskow. "Itu bukan pesan tertulis. Itu saja yang bisa saya sampaikan," cetusnya kepada kantor berita Rusia TASS, Jumat (1/7).

Ramai berita sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan pesan dari Presiden Volodymyr Zelensky kepada Presiden Vladimir Putin, perihal menyatakan kesiapannya untuk menjadi penghubung komunikasi antara kedua pemimpin negara, serta menegaskan kembali pentingnya penyelesaian damai atas konflik yang terjadi, saat bertemu di Kremlin, Moskow.

"Saya menyampaikan pesan dari Presiden Zelensky kepada Presiden Putin dan menyatakan kesiapan saya untuk menjalin komunikasi antara kedua pemimpin tersebut," kata Presiden Jokowi ketika itu.

Nyantanya, seperti dilansir TASS, hal itu dibantah juru bicara Presiden Zelensky Sergey Nikiforov bahwa ia mengatakan pemimpin Ukraina itu, setiap kali ingin menyampaikan pesan kepada seseorang, melakukannya hanya melalui pidato publik.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi tiba di Rusia pada Kamis, 30 Juni 2022 dengan pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang mendarat di Bandara Vnukovo II sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Sehari sebelumnya, Presiden Jokowi baru saja bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kyiv.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS