Home Kebencanaan Kapal Dihantam Ombak, Nelayan Hilang di Pantai Logending

Kapal Dihantam Ombak, Nelayan Hilang di Pantai Logending

Cilacap, Gatra.com– Dua nelayan dilaporkan terjatuh saat perahunya dihantam ombak di perairan Logending, Kebumen, Jawa Tengah. Satu orang selamat, namun satu lainnya hilang tenggelam terbawa arus.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap Adah Sudarsa mengatakan, korban selamat yakni Iswanto (47) warga Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Sementara, korban yang dinyatakan hilang yakni Turiman (49) warga Desa Srati, Kecamatan Ayah, Kebumen,

Dia menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada Selasa malam, sekitar pukul 21.30 WIB. Berdasarkan laporan yang diterima, Kapal Taruna Laut yang dinaiki keduanya sedang perjalanan pulang setelah selesai menangkap ikan.

Nahas saat akan kembali ke pangkalan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pantai Logending, sesampainya di breakwater, kapal terhantam ombak dari buritan sehingga keduanya terlempar.

“Dua orang terjatuh dan tenggelam. Satu orang dapat diselamatkan dan satu orang lainnya dalam pencarian,” katanya, Rabu malam (6/7).

Mendapatkan laporan itu, Basarnas langsung memberangkatkan 1 tim dan dilengkapi peralatan lengkap. Di antaranya, unit rescue car type 2, 1 unit rescue car vehicle, 1 set rubber boat, 1 set aquaeye, 1 set underwater searching device, 4 set alkom lengkap, apd covid-19, dan alduk sar air lengkap.

“Korban yang sedang dalam pencarian bernama Turiman, laki-laki berumur 49 Tahun asal Dukuh Banyeman Rt 01 Rw 03 Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Dan kami memberangkatkan 1 tim rescue menuju lokasi kejadian,” jelasnya.

Pada pencarian ini, tim SAR gabungan dibagi menjadi 3 SRU. SRU 1 melakukan penyisiran permukaan air di sekitar lokasi kejadian menggunakan rubber boat dan jukung sejauh 2 nautical miles dan SRU 2 melakukan penyisiran darat sejauh 1 kilometer ke arah timur dari lokasi kejadian. Sementara, SRU 3 melakukan penyisiran darat sejauh 1 Kilometer kearah Barat dari lokasi kejadian.

“Dan sampai Pukul 17.00 Wib hasil pencarian nihil. Akan dilanjutkan kembali pada Kamis (7/7) Pukul 07.00 WIB,” ucap Adah.