Home Teknologi Dari Gedung Putih, Joe Biden Nikmati Gugusan Galaksi, Membuatnya Lupa Tekanan Politik

Dari Gedung Putih, Joe Biden Nikmati Gugusan Galaksi, Membuatnya Lupa Tekanan Politik

Washington, Gatra.com - Pandangan umat manusia tentang kosmos yang jauh tidak akan pernah sama. Sebuah Teleskop Luar Angkasa James Webb, yang paling kuat untuk ditempatkan di orbit, telah mengungkapkan gambar paling jelas hingga saat ini tentang alam semesta awal—yang telah berusia 13 miliar tahun.

Akibat dari temuan itu, membuat Presiden AS Joe Biden, berhenti sejenak dari tekanan politik untuk menikmati cahaya kosmos, pada Senin (11/7) lalu. Ia merilis foto debut dari Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA—gambar gugusan galaksi yang mengungkapkan pandangan paling detail dari alam semesta awal yang pernah terlihat.

Sekilas Gedung Putih dari gambar resolusi tinggi dan penuh warna Webb muncul pada malam pembukaan foto dan data spektrografi yang lebih besar yang rencananya akan ditampilkan NASA pada hari Selasa (12/7) di Goddard Space Flight Center di pinggiran kota Maryland.

Observatorium Webb senilai US$9 miliar, teleskop sains ruang angkasa terbesar dan terkuat yang pernah diluncurkan, dirancang untuk mengintip melalui kosmos ke awal alam semesta yang diketahui, era evolusi penemuan astronomi.

Gambar yang ditampilkan oleh Biden dan Kepala NASA Bill Nelson menunjukkan gugus galaksi berusia 4,6 miliar tahun bernama SMACS 0723, yang massa gabungannya bertindak sebagai "lensa gravitasi," mendistorsi ruang untuk memperbesar cahaya yang datang dari yang lebih jauh di belakang.

"Setidaknya satu dari cahaya redup yang lebih tua muncul di 'latar belakang' foto—gabungan gambar dengan panjang gelombang cahaya yang berbeda—berasal dari lebih dari 13 miliar tahun," kata Nelson seperti dilansir CNA, Selasa (12/7).

Itu hanya menghasilkan 800 juta tahun lebih muda dari Big Bang, titik nyala teoritis yang mengatur perluasan alam semesta yang diketahui sekitar 13,8 miliar tahun yang lalu. "Ini adalah jendela baru ke dalam sejarah alam semesta kita," kata Biden sebelum gambar itu diluncurkan.

"Dan hari ini kita akan melihat sekilas cahaya pertama yang bersinar melalui jendela itu: Cahaya dari dunia lain, mengorbit bintang jauh melampaui kita sendiri. Ini mencengangkan bagi saya," tambah Biden.

Dia bergabung di Gedung Kantor Eksekutif Lama di kompleks Gedung Putih oleh Wakil Presiden Kamala Harris, yang mengepalai Dewan Luar Angkasa Nasional AS.

182