Home Kesehatan Cakupan Vaksinasi Booster di Blora Masih Rendah, Dinkes Ungkap Berbagai Kendala

Cakupan Vaksinasi Booster di Blora Masih Rendah, Dinkes Ungkap Berbagai Kendala

Blora, Gatra.com - Percepatan vaksinasi Covid -19 dosis ketiga atau booster terus dilakukan di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Pasalnya capaian vaksinasi tersebut masih sangat rendah.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P3K) Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Joko Budi Heri Santoso mengatakan, capaian vaksinasi booster saat ini baru mencapai 19%, dari target 30%.

"Kegiatan hari ini merupakan percepatan vaksinasi untuk dosis ketiga atau booster. Sehingga bagaimana masyarakat mendapat kekebalan khususnya untuk vaksin booster ini," kata Joko Budi, Selasa (12/7).

Joko mengungkapkan, rendahnya capaian vaksinasi booster disebabkan berbagai faktor. Diantaranya rendahnya minat warga untuk mendapatkan vaksin booster.

"Beberapa faktor yang pertama karena masyarakat itu sudah merasa cukup dengan vaksin primer, satu dan dua itu sudah maksimal, yang kedua ada pelonggaran penggunaan masker di tempat-tempat terbuka dan ketiga juga karena angka-angka kasus covid-19 yang mulai sudah menurun. Padahal vaksin booster ini juga penting," terangnya.

Berbagai upaya akan terus dilakukan untuk menggenjot cakupan vaksinasi booster ini. Salah satunya dengan menggandeng berbagai pihak.

"Upaya kita akan terus menggandeng berbagai lintas sektoral, termasuk TNI Polri dan pihak ketiga. Kalau kita punya jaringan di Puskesmas kita manfaatkan karena mereka yang tahu persis," ungkapnya.

33