Home Milenial Puisi Konser 100 Tahun Chairil Anwar Siap Digelar di Tiga Kota

Puisi Konser 100 Tahun Chairil Anwar Siap Digelar di Tiga Kota

Jakarta, Gatra.com - Tahun ini Chairil Anwar genap berusia seratus tahun. Sebagai penerbit buku "Aku Ini Binatang Jalang", Gramedia Pustaka Utama (GPU) mengadakan beberapa acara untuk mengenang sang penyair. Beberapa kegiatan yang sudah berlangsung adalah ziarah makam pada 28 April 2022 di TPU Karet Bivak dan menerbitkan sampul baru buku "Aku Ini Binatang Jalang".

Bertepatan pada Juli ini, GPU akan menggelar Puisi Konser 100 Tahun Chairil Anwar di tiga kota, yakni Yogyakarta, Bali, dan Jakarta. Acara tersebut menggabungkan baca puisi Charil dan musik. Puisi Konser terdekat akan berlangsung di Yogyakarta pada Kamis, 14 Juli 2022 di Gramedia Sudirman. Dijadwalkan akan hadir penyair Joko Pinurbo, Ni Made Purnama Sari, dan penulis Eka Kurniawan. Grup musik Melancholic Bitch akan menggubah puisi Chairil menjadi sebuah lagu. Evawani, putri Chairil, juga akan menghadiri acara ini. Dalam acara yang terbatas untuk 200 orang, direncanakan semua pembaca yang datang akan membaca satu puisi Chairil secara serempak.

Setelah Yogyakarta, Puisi Konser akan berlangsung di Gramedia Galeria, Bali. Akan hadir Oka Rusmini, Norman Erikson Pasaribu, dan Eka Kurniawan. Grup musik Navicula direncanakan tampil dan memimpin pembacaan serempak salah satu puisi Chairil bersama pembaca.

Puisi Konser ini termasuk dalam rangkaian program Ruang Tengah dan merupakan kolaborasi antara Gramedia Pustaka Utama, Toko Gramedia, serta Gramedia.com.

“Perayaan 100 tahun Chairil Anwar ini kami bingkai dalam acara besar Ruang Tengah yang tahun ini mengambil tema ‘Membaca Asia’. Dengan tema tersebut, kami ingin mengangkat dan mendapatkan pencerahan dari berbagai karya-karya yang lahir dari Asia," ujar General Manager GPU, Andi Tarigan.

“Dengan upaya itu, semoga dunia perbukuan di Indonesia menemukan kembali gairahnya dan hidup 1000 tahun lagi,” ucap ketua program Ruang Tengah itu.

Koordinator acara Puisi Konser 100 Tahun Chairil Anwar,  Mirna Yulistianti menyatakan, Puisi Konser ini lebih dari sekadar peringatan atas usia Chairil tapi juga untuk mengenang sumbangan penyair dan pengaruhnya untuk dunia puisi Indonesia sekarang. "Puisi Chairil terus dibacakan, terus dituliskan di kaos, mural, bak truk, media sosial, dan wahana lain, ini menunjukkan puisi Chairil memang tak lekang oleh zaman, sekaligus merupakan karya yang paling dirayakan oleh seluruh pembaca di Indonesia dari masa ke masa,” papar Mirna.

Manager Marketing Communication Gramedia, Tubagus Raja mengatakan, perayaan yang berlokasi di Gramedia Yogyakarta Sudirman, Bali Mall Galeria, dan Matraman selaras dengan tujuan Gramedia, yakni menghadirkan acara yang bermutu dan menginspirasi para pelanggannya. "Memadukan sastra dan musik, kami hadir dan terlibat aktif dalam usaha meningkatkan literasi membaca di negeri ini,” ujar Tubagus.

Tur Puisi Konser terakhir akan berlangsung di Gramedia Matraman, Jakarta, bertepatan dengan hari lahir Chairil Anwar yaitu 26 Juli 2022. Sejumlah penulis dan band akan meramaikan acara ini. Di antaranya Ratih Kumala, Cyntha Hariadi, Anya Rompas, dan Yoshi Fe. Siapa musisi yang akan tampil di acara ini? Tunggu kejutannya!