Home Ekonomi Dorong Migrasi ke Motor Listrik, Penyedia dan Produsen Baterai Berkolaborasi

Dorong Migrasi ke Motor Listrik, Penyedia dan Produsen Baterai Berkolaborasi

Jakarta, Gatra.com - Kendala utama yang menghambat masyarakat untuk beralih ke kendaraan motor listrik adalah keterbatasan jarak tempuh, waktu cas yang cukup lama, dan ketidak tersedianya stasiun pengisian kendaraan listrik umum. PT SWAP Energi Indonesia menawarkan solusi dengan tukar baterai yang hanya perlu proses sekian detik untuk mendapatkan baterai dengan kekuatan penuh untuk melanjutkan perjalanan kembali dengan motor listrik.

Penukaran baterai sendiri gratis dan pengendara motor listrik tak perlu khawatir soal baterai karena terdapat garansi baterai seumur hidup. Pengendara juga dapat lebih hemat biaya karena hanya membayar apa yang mereka pakai. Dengan melakukan top up kuota perjalanan berbasis kilometer, pengendara dapat menikmati kemudahan menukar baterai berkali-kali dalam sehari tanpa dikenakan biaya. Hanya dengan 9 detik, pengendara sudah mendapatkan baterai yang penuh

Untuk melayani pelanggannya, saat ini sudah tersedia 400 titik SWAP Station yang ada di Alfamart, Alfamidi, Shell serta BP-AKR dan khusus di Bali, juga bekerja sama dengan Circle-K.

Selain itu, SWAP Energi juga didukung oleh aplikasi Pintar SWAP Energi yang dapat digunakan untuk mengawasi dan mengontrol motor dari kejauhan serta memantau keadaan baterai. Aplikasi ini juga digunakan sebagai platform untuk melakukan top up kuota perjalanan bagi para pengguna dengan menggunakan OVO ataupun metode pembayaran lain.

Sebagai bagian dari upaya ekspansi, SWAP Energi Indonesia bekerjasama dengan produsen baterai terkenal Indonesia, ABC untuk memproduksi baterai motor listrik baik berupa cell cylindrical maupun dalam bentuk pack.

PT International Chemical Industry sebagai produsen Baterai ABC Lithium sudah mulai membuat baterai motor listrik sejak tahun 2019. Hermawan Wijaya selaku Marketing Director menyebutkan pandemi menjadi salah satu tantangan pihaknya memproduksi baterai motor listrik. Hingga akhirnya di awal tahun 2022, ABC sudah mulai dapat memproduksi baterai.

Hermawan menambahkan bahwa untuk bahan yang digunakan dalam pembuatan baterai motor listrik ABC adalah Lithium Ferro Phosphate. Material ini dipilih oleh ABC karena memiliki bahan yang tidak mudah terbakar serta memiliki daya tahan yang lebih lama. Sehingga diklaim sangat cocok untuk penggunaan motor listrik.

Irwan Tjahaja, founder PT SWAP Energi Indonesia, mengatakan kerjasama ini akan mempercepat produksi dan penyediaan baterai yang berkualitas untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi pengendara motor listrik di Indonesia.

Kerjasama keduanya diresmikan disela-sela pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Kamis (27/7/2022).