Home Kesehatan Serupa Tapi Tak Sama, Simak Perbedaan Cacar Monyet dengan Cacar Air!

Serupa Tapi Tak Sama, Simak Perbedaan Cacar Monyet dengan Cacar Air!

Jakarta, Gatra.com – Belum pulih kondisi diberbagai negara ini pasca penyebaran virus Covid-19, kini telah hadir virus baru yang berasal dari genus orthopoxvirus dalam keluarga poxviridae atau biasa dikenal dengan penyakit cacar monyet (monkeypox). Ciri-ciri dasar penyakit ini ada di gejala awal pada ruam serta muncul bintik-bintik yang berisikan cairan air atau nanah dalam ukuran yang berbeda dengan cacar biasa.

Cacar monyet sendiri kini menjadi salah satu pemasalahan kesehatan secara global dan membuat para pemangku kebijakan kesehatan di seluruh dunia untuk berwaspada. Sama halnya di Indonesia, banyak masyarakat yang menanyakan terkait penyakit baru tersebut dan bagaimana cara penyembuhannya serta apa yang membedakan cacar monyet dengan cacar biasa/cacar air.

Berikut 5 Perbedaan Cacar Monyet dan Cacar Air, menurut Kementerian Kesehatan dan juga berbagai sumber lainnya:

Dihasilkan dari virus yang berbeda

Cacar monyet dihasilkan dari virus monkeypox dari genus orthopoxvirus sedangkan cacar air berasal dari vrus variola dari genus orthopoxvirus.

Gejala dan Tanda

Biasanya jika penyakit cacar monyet timbul pada manusia, akan menimbulkan gejala demam, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan. Penyakit cacar monyet tentunya lebih ringan dari cacar air namun dapat menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening. Sedangkan untuk gejala cacar air akan memunculkan reaksi demam di hari ke 1-2 dan ruam di hari ke 2-4.

Muncul Ruam

Ruam yang muncul pada saat terkena penyakit cacar monyet umumnya akan muncul disekitar wajah dan menyebar ke anggota tubuh lainnya, serta akan mengakibatkan munculnya keropeng sebelum sembuh. Sedangkan untuk penyakit cacar air biasanya akan membentuk ruam yang disertai gatal dan terasa seperti kulit akan melepuh. Biasanya muncul di dada atau punggung baru ke wajah. Untuk kemunculan ruam hampir sama seperti bintik-bintik merah kecil di lidah dan mulut.

Masa Inkubasi Penyakit

Untuk inkubasi penyakit cacar monyet akan merasakan gejala sekitar 5-21 hari, sedangkan inkubasi penyakit cacar air berlangsung 10-21 hari.

Masa Sembuh

Diketahui bahwa penderita yang mengalami penyakit cacar monyet akan sembuh sekitar 2-4 minggu kedepan sedangkan untuk cacar air relatif lebih singkat atau hanya seminggu.

Setelah mengenal perbedaan antara cacar monyet dan cacar air, kini kita bisa memastikan dan beradaptasi serta waspada terhadap ciri-ciri pada seseorang yang mengidap penyakit cacar monyet.  Tetap jaga kesehatan dimanapun  berada serta makan makanan yang cukup dan bergizi untuk daya tahan tubuh yang kuat agar terhindar dari segala jenis penyakit.