Home Politik Agar Demokrasi Baik, Anies: Media Harus Objektif

Agar Demokrasi Baik, Anies: Media Harus Objektif

Jakarta, Gatra.com- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mendorong Forum Pemred menciptakan ekosistem media yang objektif untuk menumbuhkan kepercayaan dan kesetaraan publik.

Menurut Anies, media memiliki peran untuk menjaga ruang perdebatan tetap selalu ada dengan memberikan kesetaraan kesempatan untuk bertukar gagasan dalam mencapai tujuan bersama.

"Di samping independensi, objektivitas menjadi kata kunci. Forum Pemred bisa menjadi bidang munculnya objektivitas di semua media, ini dibutuhkan," ujar Anies dalam HUT ke-10 Forum Pemred di Jakarta, dikutip secara daring, Jumat (5/8).

Ia berujar, objektivitas memberikan pandangan komprehensif untuk memberikan ruang setara dalam menyampaikan gagasan. Sementara, kata Anies, selama ini masih banyak media yang memberikan subjektivitas dalam menyediakan ruang gagasan.

"Subjektivitas membawa data juga, tapi hanya pandangan parsial. Nah akhir-akhir ini sering hilang adalah objektivitas padahal ini perlu sekali dalam menjaga persatuan," tutur Anies.

Tanpa kesetaraan kesempatan menyampaikan gagasan, kata Anies, sulit membangun persatuan dan tujuan bersama.

Karena itu, Anies meyakini, bila media mampu bersifat objektif untuk memberi kesetaraan kesempatan menyampaikan gagasan maka persatuan dan tujuan bisa lebih mudah dicapai.

Dia pun menilai, perdebatan dan ragam aspirasi yang ada saat ini merupakan bagian dari demokrasi. Anies pun menekankan agar demokrasi bisa berjalan baik, maka dibutuhkan kepercayaan (trust) di dalamnya. "Untuk membuat demokrasi bertahan kita membutuhkan trust di semua komponen," imbuh Anies.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS