Home Ekonomi Sandiaga Uno: Bengkulu Miliki Potensi Peluang Usaha dan Lapangan Kerja Besar

Sandiaga Uno: Bengkulu Miliki Potensi Peluang Usaha dan Lapangan Kerja Besar

Bengkulu, Gatra.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa Bengkulu memiliki potensi peluang usaha dan lapangan kerja yang cukup besar.

Pasalnya, Bengkulu memiliki 58 desa wisata yang dapat ditingkatkan. Salah satunya berupa air terjun di Desa Wisata Belitar Seberang, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, yaitu Air Terjun Tri Sakti dan Air Terjun Puspa Dewi.

Keistimewaan air terjun Tri Sakti adalah airnya yang dingin, sedangkan air terjun Puspa Dewi bersuhu panas. Kedua aliran air ini akan bertemu dan menyatu di satu titik.

Sandiaga mengatakan akan membuka sayembara penamaan dua air terjun yang bersatu itu. Rencananya sayembara ini akan dibuka hingga akhir Oktober 2022. ”Di mana akan kita finalkan dan diumumkan saat puncak ADWI di Gedung Sapta Pesona (Kemenparekraf),” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima pada Senin (8/8).

Ia juga menyebut, Rajang Lebong memiliki sembilan desa wisata yang bisa dibangkitkan peluang usaha dan lapangan kerjanya. Oleh karena itu, Sandiaga mendorong agar wisata di desa ini menjadi semakin berkualitas.

Diketahui, Sandiaga menyambangi Desa Wisata Belitar Seberang dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Desa ini termasuk dalam 50 desa wisata terbaik ADWI 2022 setelah melalui uji standar penilaian tim juri.

Desa ini memiliki beragam potensi wisata alam, budaya, dan tradisi. Contohnya air terjun Tri Sakti yang memiliki ketinggian 85 meter.

Selain itu juga terdapat wisata buatan seperti rafting air terjun, bermalam di Glamour Camp dan Villa “Forrest Gump”, dan River Tubing. Desa Belitar Seberang pun memiliki Tari Jaranan yang merupakan seni tari tradisional Bengkulu.