Home Hukum Peradi Jakbar Studi Banding ke Thailand Arbitration Center dan The Stock Exchange of Thailand

Peradi Jakbar Studi Banding ke Thailand Arbitration Center dan The Stock Exchange of Thailand

Jakarta, Gatra.com – DPC Peradi Jakarta Barat (Jakbar) melakukan studi banding ke Thailand Arbitration Center (THAC) dan The Stock Exchange of Thailand selepas melaksakanan Rapat Anggota Cabang (RAC) 2022.

Ketua DPC Peradi Jakbar, Suhendra Asido Hutabarat, menyampaikan sambutan di THAC menyampaikan, Peradi adalah satu-satunya organisasi Advokat menurut Undang-Undang (UU) Advokat di Indonesia.

Menurutnya, meskipun secara de facto munculnya sejumlah organiasi advokat di luar Peradi akibat adanya SKMA 73 Tahun 2015, namun secara de jure, Indonesia menganut single bar. Sesuai UU Advokat, Peradi sebagai wadah tunggal atau single bar.

Asido juga menyampaikan apresiasi kepada pihak THAC atas kesempatan yang diberikan dan penyambutan serta paparan mengenai hukum dan prosedur Arbitrase di Thailand. Asido berharap adanya kerja sama dikemudian hari terkait penyelesaian perkara melalui mediasi dan arbitrase di Thailand.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Sekretaris DPC Peradi Jakbar, Riyo Prasetyo Hanggoro, menyampaikan presentasi pengenalan mengenai profil DPC Peradi Jakbar.

Asido mengungkapkan, kunjungan tersebut merupakan salah satu program kerja dalam masa kepengurusannya, yaitu melakukan kunjungan ke negara asing sebanyak satu kali dalam satu tahun untuk melakukan study banding, menambah ilmu, dan pengalaman serta sekaligus berwisata.

DPC Peradi Jakbar studi banding ke Thailand. (Ist)

“Saya pikir baru pertama kali ini, RAC DPC Peradi Jakarta Barat yang dilanjutkan dengan kunjungan keluar negeri, dengan minat pesertanya cukup banyak sehingga kami harus membatasi jumlah peserta,” kata Asido di Jakarta, Rabu (10/8).

Sementara itu, Ketua Panitia Kunjungan ke Thailand DPC Peradi Jakbar, Bahtiar, menyampaikan, agenda kegiatan kunjungan adalah hari pertama adalah menuju Pattaya dan berwisata di sana mengunjungi Floating Market dan Big Buddha. Hari kedua kembali ke Bangkok untuk berwisata dan hari ketiga mengunjungi THAC dan The Stock Exchange of Thailand.

Rombongan juga menyempatkan untuk berwisata ke Wat Arun Temple dengan mengarungi sungai Chao Phraya dan tak lupa berbelanja sebelum kembali ke bandara (airport).

“Kami mengharapkan kunjungan ini akan memberikan manfaat dan semakin meningkatkan kekompakan di antara peserta,” katanya.

Sebagai kata penutup acara yang disampaikan di dalam bus, Sekretaris DPC Peradi Jakbar, Herry Suherman, mengapresiasi tour agency yang telah melaksanakan tour dengan fasilitas yang baik.

“Berharap kepada rekan-rekan yang mengikuti tour agar selalu kompak dan nantinya bisa kembali mengikuti program kunjungan DPC Peradi Jakbar ke negara lain yang direncanakan akan dilakukan setiap tahun,” kata Herry