Home Olahraga Yogyakarta Siap Helat Fox's Indonesia Para Badminton 2022

Yogyakarta Siap Helat Fox's Indonesia Para Badminton 2022

Jakarta, Gatra.com – Indonesia akan kembali menghelat kejuaraan bulu tangkis level dunia. Kali ini, Indonesia bakal menggelar FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022 di GOR Among Rogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Turnamen grade 2 level 3 yang masuk kalender federasi bulutangkis dunia atau Badminton World Federation (BWF) tersebut akan diselenggarakan mulai Selasa sampai dengan Minggu (23–28) Agustus 2022.

Group Brand Head PT Savoria Kreasi Rasa, Vanessa Ingrid Pamela, dalam konferensi pers virtual pada Kamis (11/8), mengatakan, turnamen tersebut diharapkan menjadi ajang bagi atlet para badminton, khususnya Indonesia untuk mengasah kemampuan dan potensi diri.

Ini juga merupakan ajang untuk mendulang prestasi, khususnya atlet para badminton Indonesia untuk mengharumkan nama negeri di kancah olahraga internasional atau dunia.

Vanessa melanjutkan, pihaknya merasa bangga bisa ambil bagian dalam mengembangkan potensi dan prestasi atlet para badminton. Pihaknya mengusung tema #SparkleYourEnergy dengan harapan para atlet mampu menunjukkan kilau prestasinya.

“Selain itu, kami ingin semangat juang para atlet menjadi inspirasi dalam menaklukkan segala limitasi dan tantangan serta memberikan motivasi bagi orang lain,” katanya.

Vanessa melanjutkan, pihaknya juga akan mengampanyekan semangat #SparkleYourEnergy yang merefleksikan jiwa pantang menyerah dan berdaya juang tinggi melalui digital melibatkan influencer.

Melalui kampanye digital ini, lanjut dia, diharapkan generasi muda semakin berani memancarkan kilau semangat untuk menghadapi segala limitasi dan rintangan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi inspirasi bagi banyak orang.

“Kalau boleh pinjam istilah di badminton, smes, kita bisa katakan, smes setiap limitasi yang ada dan terus kilaukan semangat untuk berprestasi,” katanya.

Kejuaraan FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022 ini juga mendapat dukungan dari Bakti Olahraga Djarum Foundation. Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin, mengatakan, turnamen ini adalah langkah untuk mengangkat citra dan kebanggaan atlet para badminton di tingkat dunia.

“Para badminton merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak mendulang prestasi di berbagai kejuaraan internasional. Kami juga ingin membuat mereka memiliki kebanggaan sebagai atlet para badminton yang mengharumkan nama bangsa,” ucapnya.

FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022 merupakan kejuaraan para badminton level dunia yang sangat dirindukan. Indonesia terakhir menggelar turnamen ini pada tahun 2016 di Solo, Jawa Tengah (Jateng).

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Rima Ferdianto, mengapresiasi kepada FOX’S dan Bakti Olahraga Djarum Foundation yang kembali menghadirkan turnamen para badminton level dunia ke Tanah Air. Pasalnya, tidak banyak perusahaan, khususnya di sektor swasta yang turut terlibat dalam penyelenggaraan kejuaraan olahraga disabilitas.

“Hal Ini yang membuat kejuaraan internasional para badminton sempat terhenti selama enam tahun. Kami mengapresiasi kesediaan FOX’S dan juga Bakti Olahraga Djarum Foundation yang berkenan ambil bagian dalam upaya meningkatkan kualitas atlet-atlet disabilitas melalui penyelenggaraan turnamen ini,” ungkapnya.

Menurut Rima, FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022 akan menjadi pembuktian bagi skuad para bulutangkis di Indonesia usai menyabet berbagai macam gelar internasional dan juga keluar sebagai juara umum di ASEAN Para Games 2022.

“Target kami di Yogya nanti adalah juara umum, sama seperti target di APG 2022 kemarin. Untuk itu, sejumlah atlet yang berhasil mendulang prestasi akan kami sertakan demi mengamankan perolehan juara nanti,” kata Rima.

Sementara itu, atlet para badminton Ukun Rukaendi yang baru mengharumkan nama Indonesia atas prestasinya mendulang medali emas di ASEAN Para Games (APG) 2022 ini, memastikan akan berlaga di FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022.

Menurut Ukun, kompetisi berkualitas di Tanah Air ini sangat diperlukan bagi pengembangan talenta dan kemampuan para atlet. Pada ajang ajang yang dihelat tahun 2016 lalu di Solo, Jawa Tengah, mendapat prestasi yang cukup baik.

“Jadi, di Yogya nanti saya juga akan berusaha tampil maksimal. Apalagi ini statusnya bermain di rumah sendiri, tanggung jawab dan targetnya pasti lebih tinggi. Jadi saya harus mempersiapkan yang terbaik,” kata Ukun.

Senada dengan Ukun, atlet para badminton Indonesia, Rina Marlina, yang terjun di nomor tunggal putri SH6 bertekad meraih hasil maksimal seperti pada ASEAN Para Games 2022 di Solo, Jawa Tengah (Jateng) yang baru saja berlalu.

“Kemenangan di APG kemarin tentu bikin saya lebih bersemangat untuk memenangkan gelar internasional lainnya. Semoga saya bisa bermain bagus di hadapan para pecinta bulu tangkis Indonesia nanti. Mohon doanya,” kata Rina.

168