Home Politik PKB akan Hadiri Rapimnas Gerindra, Cak Imin Siap Berkoalisi

PKB akan Hadiri Rapimnas Gerindra, Cak Imin Siap Berkoalisi

Bogor, Gatra.com - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) besutan Ketua Umum Prabowo Subianto menggelar pembukaan rangkaian Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Jumat, (12/8).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gerindra, Ahmad Muzani, menyebut bahwa Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dijadwalkan akan turut hadir ke Sentul di hari kedua Rapimnas, Sabtu (13/8).

"Besok PKB akan datang sejak pagi sampai selesai," ujar Muzani ketika ditemui wartawan di lokasi Rapimnas.

Akan tetapi, Muzani enggan menjelaskan lebih gamblang alasan mengapa PKB ikut hadir di hajatan Gerindra besok.

Spekulasi terjadinya koalisi dan potensi calon wakil presiden (cawapres) dari PKB pun bermunculan. Namun, Muzani menampik tegas spekulasi tersebut.

"Saya enggak bisa mendahului (soal cawapres dari PKB) karena proses itu akan berlangsung besok. Semua akan menyatu dengan kader Gerindra dan PKB," ujar Muzani.

Di sisi lain, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, sedikit membocorkan alasan kedatangan PKB besok ke Sentul. Ia mengindikasikan kedua partai akan berkoalisi.

"Insya Allah besok adalah acara utama antara Gerindra dan PKB untuk meneken piagam deklarasi kedua partai," ujar Dasco yang juga hadir di Rapimnas hari pertama.

Dasco mengatakan rincian lebih lanjut mengenai koalisi kedua partai akan dibicarakan nanti, termasuk perihal tata cara pemenangan pemilu.

Dasco juga menegaskan ada syarat bagi partai lain, termasuk PKB, apabila ingin berkoalisi dengan Gerindra. "Syarat koalisi adalah mendukung Prabowo sebagai calon presiden," katanya.

Spekulasi pengusungan cawapres dari PKB pun kini kian menguat. Akan tetapi, Dasco pun enggan bicara banyak mengenai hal ini.

"Soal cawapres, itu akan ditetapkan dalam satu forum yang sudah ditetapkan di AD/ART sesudah ini. Soal kapan waktunya, akan kita sepakati dengan partai-partai koalisi," ujar Dasco.

104