Home Olahraga Indonesia Juara Piala AFF 2022 U-16, Bungkam Vietnam 1-0

Indonesia Juara Piala AFF 2022 U-16, Bungkam Vietnam 1-0

Sleman, Gatra.com - Timnas Indonesia U-16 tampil sebagai juara Piala AFF 2022. Garuda Muda menang atas Vietnam dengan skor 1-0 dalam laga yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8) malam.

Ini merupakan gelar kedua Indonesia di ajang ini, setelah menjadi juara pada 2018 silam. Saat itu, Indonesia menang atas Thailand lewat adu penalti.

Baca Juga:

Beatriz Haddad Maia Bungkam Peringkat Pertama

Menghadapi Vietnam, pasukan Bima Sakti ini mencoba langsung menyerang. Namun tim lawan juga menerapkan strategi serupa untuk mencoba mencuri gol dahulu. Tak pelak, permainan kedua tim terbilang imbang.

Namun jelang penghujung babak pertama, Indonesia mampu mencuri gol. Bola dari umpan tarik Rizdjar Nurviat mampu dikontrol dengan baik oleh Kafiatur Rizky.

Dengan sekali gocekan, Kafiatur bisa melepaskan sepakan kaki kiri, dan mengirim bola masuk ke gawang Vietnam. Kiper Vietnam Pham Dinh Hai pun tak berkutik, karena sepekan bola melengkung. Indonesia unggul 1-0 saat turun minum.

Memasuki babak kedua, kedua tim masih mencoba saling serang. Bima Sakti sepertinya tidak ingin sekadar mencari aman, meski sudah unggul 1 gol.

Timnas juga mendapat dukungan penuh dari puluhan ribu suporter yang hadir di Stadion. Yel-Yel hingga lagu-lagu nasional mereka nyanyikan untuk mendukung perjuangan Garuda Muda.

Baca Juga:

Real Madrid Juara Piala Super UEFA

Hanya saja, di menit-menit terakhir pertandingan, Vietnam justru mampu memberi tekanan. Serangan bertubi-tubi dilancarkan Vietnam ke lini pertahanan Indonesia.

Beruntung, para pemain Indonesia tetap mampu tampil disiplin menghalau serangan para pemain lawan. Kiper Andrika Fathir Rahman juga sukses mengamankan sejumlah ancaman pemain lawan.

Jelang laga berakhir, juga sempat terjadi keributan. Bahkan wasit juga memberi kartu merah kepada staf pelatih timnas Vietnam, karena protes berlebihan

Indonesia pun sukses mempertahankan keunggulan, dan tampil menjadi juara.