Home Olahraga Hasil Buruk, Glazer Diminta Jual Setan Merah, Knighton Siap Ambil Alih

Hasil Buruk, Glazer Diminta Jual Setan Merah, Knighton Siap Ambil Alih

Manchester, Gatra.com – Di tengah hasil buruk Manchester United di liga, berimbas kepada pemilik Setan Merah yang terus menghadapi banyak penentangan terhadap masa jabatan mereka.

Memang kisruh pendukung MU dengan pemilik klub dari keluarga Glazer bukanlah hal baru. Sejak lama, Glazer telah menghadapi banyak oposisi sepanjang waktu mereka sebagai pemilik. Tetapi mungkinkah pengambilalihan kepemilikan di Old Trafford akan terjadi?

Basis penggemar yang tidak puas tentu berharap demikian, karena klub terlempar dari satu bencana ke bencana berikutnya di dalam dan di luar lapangan. Namun semua itu akan membutuhkan uang yang serius untuk memindahkan penjaga klub saat ini dari kursi mereka di ruang rapat.

Seberapa dalam calon pembeli harus menggali koceknya jika mereka berminat dalam melakukan kesepakatan untuk ambil alih MU? Kemudian, berapa banyak yang diinvestasikan Glazer dalam merebut kendali kelas berat Liga Premier selama saga yang berlarut-larut.

Sejauh ini, memang belum ada kata resmi mengenai harga yang diminta pemilik Manchester United. Namun, ada banyak laporan yang menunjukkan bahwa keluarga Glazer akan mencari dana sekitar £4 miliar (US$4,8 miliar) dari penjualan apa pun.

Daftar orang kaya global terbaru dari Forbes menilai harga Setan Merah mencapai sekitar US$4,6 miliar—menempatkan mereka ketiga di dunia—sehingga setiap pelamar potensial harus memiliki duit yang banyak untuk mendapatkan kesepakatan.

Sebagai contoh, Chelsea yang baru berpindah tangan saja dihargai US$5,1 miliar, saat Roman Abramovich membuka jalan bagi konsorsium yang dipimpin Todd Boehly. Karena itu, MU pun akan mengharapkan dapat menghasilkan biaya yang sama meskipun perjuangan mereka baru-baru ini kurang apik di liga.

Setan Merah dimiliki oleh enam anak mendiang Malcolm Glazer—Avram, Joel, Kevin, Bryan, Darcie dan Edwards—dengan masing-masing mengambil bagian yang sama dari 90 persen saham yang dimiliki oleh ayah mereka setelah kematiannya pada tahun 2014.

Glazer pertama kali berinvestasi di United pada tahun 2003 ketika membeli 3 persen saham klub, dengan saham itu meningkat menjadi sekitar 30% pada akhir tahun 2004.

Kemudian, pada Mei 2005, ketika membeli JP McManus dan John Magnier, keluarga Glazer menyelesaikan pengambilalihan senilai total £790 juta (US$951 juta).

Pinjaman sekitar £600 juta (US$722 juta) diambil untuk meningkatkan pembelian, dengan keputusan itu segera membuat marah penggemar karena utang yang dihasilkan dimanfaatkan ke klub dan kemudian menelan biaya sekitar £60 juta (US$72 juta) bunga setahun.

Meski begitu, keluarga Glazer telah menolak untuk tunduk pada tekanan penggemar selama bertahun-tahun ketika datang ke seruan bagi mereka untuk menjual MU dan menjauh dari sepak bola Inggris.

Tetapi, banyaknya protes terhadap kehadiran mereka yang terus berlangsung bisa saja membuat adanya rencana dan tawaran pengambilalihan saham sedang berjalan.

Hingga muncul kembali nama Michael Knighton, yang terkenal sebelumnya memiliki kesepakatan dengan United, bahkan yang sempat disetujui pada tahun 1989 tapi gagal.

Kini Knighton hadir kembali dalam bingkai rencana pembelian saham MU. Bahkan, saat ini kabarnya ia berusaha untuk mengumpulkan sebuah konsorsium yang mampu memaksa tangan Glazer untuk menjual MU.

“Kami adalah klub dalam krisis dan kami semua tahu alasannya. Kami memiliki kepemilikan yang tidak kompeten dan sejujurnya tidak berguna yang hanya tahu sedikit tentang permainan sepak bola ini,” kata Knighton seperti dikutip Goal.com, Rabu (17/8).

“Semua orang tahu bahwa kami membutuhkan kepemilikan baru dari klub sepak bola ini dan itu adalah tujuan saya dan itulah tujuan saya. Saya membuat kemajuan yang baik, terus berbicara dengan orang-orang, saya mendapat beberapa janji yang baik dan keuangan yang baik,” ucapnya.

Ia pun mengklaim sedang mengerjakan dokumen penawaran untuk MU. “Ingat, ini adalah tawaran yang tidak bersahabat—itu berarti klub tidak dijual secara resmi. Tapi niat saya adalah untuk memberikan pemilik ini dengan tawaran yang sah, kuat dan komersial untuk mengatakan, 'Anda telah kehabisan jalan, saatnya pergi, karena waktu Anda sudah habis',” kata Knighton.

Menurut Knighton dirinya harus menyingkirkan Glazer dari klub sepak bola kebanggaannya. “Karena mereka memiliki hari mereka, waktu telah habis dan kami telah mengalami 17 tahun kekecewaan, sungguh. Sudah waktunya bagi mereka untuk pergi,” cetusnya.

Namun sejauh ini, belum ada kabar tentang siapa yang bisa bergabung dengan konsorsium Knighton, tetapi Sir James Ratcliffe—insinyur kimia miliarder yang merupakan orang terkaya di Inggris—adalah pendukung United dan merupakan bagian dari salah satu tawaran untuk Chelsea di awal tahun.

Juga ada nama miliarder India Mukesh Ambani yang telah dikaitkan dengan kepindahan ke Setan Merah di masa lalu, sementara superstar UFC Conor McGregor adalah penggemar setia klub dan telah mengakui di masa lalu bahwa ia ingin memiliki saham sepak bola.

“Setiap hari saya suka bola. Bagaimana saya tidak akan memimpin tim yang terdiri dari atlet muda yang berdedikasi untuk meraih kemenangan? Saya sempurna untuk pekerjaan itu. Berdoalah itu tim Anda,” kata McGregor.