Home Apa Siapa KLHK Apresiasi Gatra Media Group dalam Penutupan The Rising Tide

KLHK Apresiasi Gatra Media Group dalam Penutupan The Rising Tide

Jakarta, Gatra.com - Gatra Media Group mendapat apreasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atas dukungannya dalam menyukseskan gelaran kampanye “The Rising Tide” dan Triathlon Bali-Jakarta, Selasa kemarin. Tujuannya mendorong produsen perbesar kemasan plastik (upsizing) kurangi timbulan sampah.

Dalam ajang ini, Muryansyah melakukan aksi Solo Triathlon dengan bersepeda, berenang dan berlari marathon dari Bali ke Jakarta selama 30 hari. Tercatat ia mampu menempuh jarak sejauh 1.293 km.

Muryansyah melakukan aksi tersebut dalam rangka mengkampanyekan pengelolaan sampah berkelanjutan kepada masyarakat yang tinggal di sepanjang jalur yang dilewati.

"Kita sangat bersyukur menerima pahlawan lingkungan Bung Muryansyah,” ujar Menteri Siti dalam keterangannya, Rabu (17/8).


Menteri Siti mengungkapkan jika Pemerintah sangat berterima kasih atas dukungan dari para pihak terutama para aktivis lingkungan, pemuka agama di Bali khususnya, untuk mengurangi sampah. 

"Buat KLHK kegiatan ini menjadi energi baru, terutama terkait teknik-teknik, cara cara kampanye untuk mendorong masyarakat lebih peduli terhadap penyelesaian persoalan sampah kita," ujar Menteri Siti.

Ia juga menyebutkan jika apa yang dilakukan Muryansyah merupakan sesuatu yang luar biasa, sebuah langkah kreatif yang memberikan inspirasi bagi masyarakat, serta diharapkan kegiatan ini mendapatkan hasil yang maksimal dengan menumbuhkan inisiatif baru di masyarakat, untuk bekerja bersama mengurangi dan menangani sampah secara lebih baik.

"Yang juga penting ini tidak berhenti sampai disini, seperti tadi yang diharapkan oleh Mas Muryansyah," imbuh Menteri Siti.

Semangat Muryansyah yang begitu peduli terhadap persoalan sampah sejalan dengan yang sudah ditekankan Bapak Presiden. "Ini hadiah bagi republik Indonesia yang harus kita lanjutkan," katanya.

Aksi solo Triathlon ini dibantu dan didukung penuh oleh jajaran Angkatan Laut Republik Indonesia di bawah komando KSAL Yudo Margono, juga dari Penglingsir Puri Blahbatuh, Mayora Grup, Harmoni Indonesia, Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia, Ikatan Dokter Indonesia, Gatra Media Group, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, serta Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto.

Kepala Staf Angkatan Laut, Yudo Margono mengungkapkan yang dilakukan Muryansyah merupakan suatu prestasi yang membanggakan. Ia menyatakan kegiatan ini sangat bagus dan selaras dengan program wilayah pertahanan AL.

Ia pun menegaskan jika semangat Muryansyah menjadikan kegiatan ini bisa berhasil, meski Triathlon dari Bali hingga Jakarta sangatlah berat dengan tantangan menyebrangi Selat Bali dengan berenang, kemudian bersepeda dan berlari hingga Jakarta, hanya semangat dan tekad kuat maka ini bisa terselesaikan.

"Mari kita satukan tekad bersama membersihkan sampah. Kita buktikan kita mampu," tegas KSAL Yudo Margono.