Home Pendidikan Chandra Asri dan Ruangguru Foundation Kolaborasi Pemberdayaan Perempuan PUAN ANGKASA

Chandra Asri dan Ruangguru Foundation Kolaborasi Pemberdayaan Perempuan PUAN ANGKASA

Jakarta, Gatra.com- PT Chandra Asri Petrochemical (Chandra Asri), perusahaan petrokimia terbesar dan terintegrasi di Indonesia bermitra dengan Ruangguru Foundation dalam program peningkatan kompetensi dan pemberdayaan perempuan bertajuk PUAN ANGKASA (Perempuan dalam Ruang Komunitas Sinergis dan Berdaya).

“Chandra Asri senang dapat menjadi mitra pertumbuhan dan menjadi bagian perjalanan perempuan dalam menggali serta memaksimalkan potensi diri. Hal ini sejalan dengan komitmen Chandra Asri untuk mendorong inclusion & diversity di Indonesia, khususnya terkait dengan pemberdayaan perempuan," kata Head of Corporate Communication Chandra Asri, Chrysanthi Tarigan dalam keterangan persnya, Kamis (18/8).

Rangkaian program yang akan berjalan selama tiga bulan ini hadir untuk memberikan pendampingan persiapan kerja dan pendalaman pemahaman peserta mengenai isu pemberdayaan perempuan, khususnya untuk kalangan mahasiswi dan lulusan baru.

Sebanyak 50 peserta yang terdiri atas mahasiswi dan lulusan baru dari berbagai universitas di Indonesia akan mengikuti Program PUAN ANGKASA kolaborasi Ruangguru Foundation dan Chandra Asri.

Peserta akan menjalani rangkaian program peningkatan kompetensi dan mendapatkan pendampingan yang holistik untuk membantu peserta mempersiapkan dan merencanakan karier yang tepat.

"Kami berharap melalui kolaborasi dengan Ruangguru ini dapat memberikan persiapan yang komprehensif bagi pesertanya sehingga akan lahir perempuan-perempuan tangguh yang siap berkontribusi dan mengambil peran dalam masyarakat,” jelas Chrysanthi.

Program PUAN ANGKASA merupakan wujud dukungan Chandra Asri dan Ruangguru Foundation untuk mendorong Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) perempuan di Indonesia yang menurut data Ketenagakerjaan Indonesia tahun 2021 berada pada angka 53,7 persen, lebih rendah dibandingkan dengan TPAK laki-laki yang sudah mencapai 82,27 persen.

Menurut sumber yang sama, jumlah pekerja perempuan hanya berkisar 40% dari jumlah total angkatan kerja yang mencapai 140 juta orang.

Lifelong Learning and Monitoring Evaluation Manager Ruangguru, Real Rahadinnal sangat mengapresiasi kesempatan untuk bekerja sama dengan Chandra Asri dalam program PUAN ANGKASA. Latar belakang program ini berasal dari pemahaman bahwa mahasiswi dan lulusan baru memerlukan persiapan dan pengembangan kemampuan diri untuk bisa bersaing di dunia kerja, terlepas dari gender.

"Materi dalam program ini meliputi berbagai aspek pengembangan karier yang disampaikan melalui berbagai metode pengajaran, seperti diskusi, video pelatihan, hingga bimbingan secara intensif,” ujar Real.