Home Teknologi Jika Ular Berjalan dengan Empat Kaki Begini Tampilannya

Jika Ular Berjalan dengan Empat Kaki Begini Tampilannya

Temecula, California, Gatra.com- YouTuber AS Allen Pan menciptakan perangkat dari tabung panjang dan empat kaki plastik untuk ular. Rekaman video menunjukkan sistem robot itu membantu ular berjalan dengan empat kaki di sekitar ruangan. Daily Mail, 18/8.

Pan ingin 'mengembalikan kaki ular' setelah evolusi menyebabkan kehilangan kaki.  Allen Pan, seorang insinyur dan YouTuber yang berbasis di Los Angeles, menciptakan perangkat dari tabung panjang dan empat kaki plastik yang terhubung ke papan pengontrol.

Pan, yang memposting blog video proyeknya ke YouTube, mengatakan dia ingin 'mengembalikan kaki ular'. Sekitar 150 juta tahun yang lalu, ular memiliki kaki yang terlihat, tetapi mereka berevolusi untuk kehilangannya, yang diduga disebabkan oleh mutasi genetik.

Pan menginginkan desain yang bisa dipilih ular untuk dipakai atau dilepas' sehingga ular itu tidak akan dipaksa yang bertentangan dengan keinginannya. Jadi tubuh pusat robot terbuat dari tabung plastik panjang dengan bukaan di kedua ujungnya.

Pan juga mengunjungi toko hewan peliharaan setempat sehingga dia bisa menyaksikan bagaimana seekor reptil berjalan dan memprogram robot untuk berjalan dengan cara yang sama.

Bahkan saat ini, beberapa ular sanca memiliki tulang kaki kecil di dalam tubuh mereka, meskipun mereka terlalu kecil dan 'vestigial' – sisa-sisa sesuatu yang dulunya berguna.

'Saya benar-benar merasa tidak enak pada ular; mereka kehilangan kaki mereka dan tidak ada yang bahkan mencoba menemukan mereka - tidak ada seorang pun kecuali saya," kata Pan dalam video tersebut.

Pan mengambil inspirasi dari spesies kadal dengan empat kaki kecil. Spesies ini terlihat sangat mirip dengan ular, terlepas dari empat pelengkap kecil. "Mereka mungkin hal terdekat yang bisa saya temukan dengan ular yang sebenarnya dengan kaki," kata Pan.

Setelah mencoba prototipe yang gagal pada boneka mainan ular, Pan membuat sistem dari empat kaki robot, masing-masing dilengkapi dengan servomotor yang terhubung ke papan pengontrol, mirip dengan set kereta api model yang secara otomatis mengelilingi trek.

Kaki dapat diaktifkan secara nirkabel menggunakan tag kecil yang dipasang ke gantungan kunci, dan diprogram pada laptop. Pan menginginkan desain yang 'dapat dipilih ular untuk dipakai atau dilepas' sehingga ular itu tidak akan dipaksa menjadi aparat yang bertentangan dengan keinginannya, yang tidak etis.

Jadi pusat robot terbuat dari tabung plastik panjang dengan bukaan di kedua ujungnya.

Pan kemudian mengunjungi Anthony Zavala, seorang peternak ular yang berbasis di Temecula, California, untuk mencoba robot itu pada ular yang bersedia. Ketika Zavala pertama kali mencoba memberi makan ular itu ke dalam tabung, ia awalnya maju beberapa inci sebelum berbalik.

Namun, dengan gigih, ular itu akhirnya merayap tepat ke dalam tabung sampai kepalanya menyembul keluar dari sisi lain, dan robot itu bisa mulai bergerak. "Saya tidak bisa melupakan gambar ular yang merangkak ke kerangka luar robotnya," kata Pan.

Dalam video tersebut, ular itu terlihat menjulurkan lidahnya – sebuah tanda bahwa ia mencoba untuk merasakan sekelilingnya. Pan menunjukkan bahwa ular yang marah akan membentuk bentuk S dengan tubuh mereka, sementara ular konten rileks dan membentang 'seperti mie'.

Karena itu dan bentuk tabung plastik yang lurus, itu berarti hanya 'ular bahagia' yang dapat menggunakan kaki robot. Pan menyimpulkan dengan mengatakan dia membalikkan '150 juta tahun kesalahan evolusioner' dalam satu hari.

MailOnline telah menghubunginya mengenai rencana untuk mengkomersialkan ciptaannya.