Home Regional Konser Musik di Tegal Lagi-lagi Batal Digelar

Konser Musik di Tegal Lagi-lagi Batal Digelar

Tegal, Gatra.com - Sebuah event konser musik yang mengundang puluhan artis nasional di Kota Tegal, Jawa Tengah kembali batal digelar secara mendadak tanpa ada kejelasan. Diduga muncul konflik di pihak event organizer (EO) atau penyelenggara.

Konser musik tersebut bertajuk Amazing Tegal Festival 2022. Gelaran ini sedianya digelar di kawasan Objek Wisata Pantai Alam Indah (PAI) pada 26-28 Agustus dan tiketnya sudah banyak dibeli masyarakat.

Sekitar satu bulan sebelumnya, bakal digelarnya event yang didukung Pemkot Tegal itu sudah gencar dipromosikan melalui media sosial, berikut deretan artis yang akan tampil dan penjualan tiketnya. Seperti menghadirkan sederat penyanyi dan band ternama, di antaranya Andien, Rizky Febian, NdarBoy Genk, Tipe-X, Kotak, Hivi, dan DeadSquad.

Namun, beberapa jam jelang digelar, mendadak event batal dilaksanakan tanpa ada kejelasan. Di lokasi acara, panggung konser yang sudah didirikan sehari sebelumnya terlihat kembali dibongkar, Jumat (26/8) pagi.

Tampak beberapa pekerja mengemasi beberapa peralatan dan sound system yang sudah ada di panggung. Terlihat juga beberapa truk yang diparkir untuk mengangkut peralatan dan bagian panggung yang dibongkar.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Tegal Maman Suherman membenarkan jika Amazing Tegal Festival 2022 tak jadi dilaksanakan. "Batal," katanya saat dihubungi, Jumat (26/8).

Sebelum mendapat kepastian batalnya acara, Maman mengaku awalnya kaget saat panggung yang sudah didirikan kembali dibongkar. Dia juga mengaku tidak mengetahui penyebab pasti batalnya event.

Dari informasi menurut Maman, diduga penyebab batalnya event tersebut karena muncul konflik atau permasalahan di pihak EO. 

"Semua persyaratan sudah dipenuhi, tapi infonya, mendadak ada konflik internal EO. Penyelenggarannya EO. Kami selaku pengelola PAI hanya ketempatan saja," ujarnya.

Kepala Disporapar Kota Tegal Irkar Yuswan Apendi juga mengungkapkan hal senada. Dia menegaskan Pemkot Tegal bukan penyelenggara.

"Kita Disporapar hanya ketempatan tempat, bukan penyelenggara. Jadi segala tanggung jawab akibat, yang nanggung EO selaku penyelenggara. EO-nya KSS, dari Jakarta. Lebih jelasnya hubungi EO," ujarnya.

Batalnya konser tersebut membuat warga yang sudah terlanjur membeli tiket kecewa. Salah satunya Reihan. Dia sudah membeli tiket hari pertama seharga Rp100 ribu. "Rencananya mau nonton Rizky Febian, tapi ini dapat info kalau batal acaranya," ungkap warga Kabupaten Tegal itu, Jumat (26/8).

Raihan mengaku sudah membeli tiket bersama empat orang temannya sejak sebulan yang lalu demi bisa menonton penampilan anak komedian Sule itu. "Belinya lewat online. Ini lagi cari informasi gimana pengembalian uangnya," ujar dia.

Sementara itu pihak EO belum dapat konfirmasi terkait pembatalan tersebut. Saat coba dihubungi melalui telepon seluler, tidak ada respon.

Sebelumnya, event Tegal Bahari Jazz 2022 juga mendadak batal digelar beberapa jam sebelum dimulai pada 5-7 Mei di kawasan objek wisata PAI. Alasan pembatalan event yang menjanjikan penampilan sederet musisi jazz papan atas itu pun tak jelas, termasuk pengembalian tiket.

Padahal, banyak warga yang sudah membeli tiket event yang digadang-gadang jadi konser jazz tepi pantai pertama di Indonesa itu. Tak hanya masyarakat umum, Pemkot Tegal bahkan mewajibkan para ASN untuk ikut membeli tiket berharga ratusan ribu.

579