Home Regional Kompolnas Klarifikasi Keluhan Masyarakat di Polda Kepri

Kompolnas Klarifikasi Keluhan Masyarakat di Polda Kepri

Batam, Gatra.com - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) RI mengunjungi Markas Kepolisian Daerah (Polda) Kepri terkait klarifikasi Saran dan Keluhan Masyarakat (SKM) di Kota Batam, Rabu (31/8). 

Kegiatan ini untuk mendukung kinerja institusi Kepolisian di daerah terhadap masukan dari masyarakat.

Sekretaris Kompolnas Irjen Pol (Purn) Benny Jozua Mamoto mengatakan, bahwa di Indonesia Institusi Kepolisian yang paling banyak menerima saran dan masukan dari masyarakat. Sebagian besar laporan yang masuk dari masyarakat adalah satuan kerja dari Reserse yang dilaporkan masyarakat tersebut.

"Namun, yang disampaikan tersebut tidak semua benar. Ada beragam alasan dari masyarakat yang melapor, seperti sakit hati dan sebagainya. Faktanya masyarakat itu tidak tahu keseluruhan bagaimana kerja anggota Polri. Hanya saja, kami memastikan semua keluhan dan saran masyarakat akan ditindaklanjuti," katanya.

Pensiunan bintang dua tersebut menyarankan, kepada rekan penyidik untuk terus membangun komunikasi yang baik dengan pelapor, pengacara serta keluarga pelapor dan terlapor. Sebab dengan adanya komunikasi yang baik akan lebih memudahkan kinerja anggota Kepolisian dalam melakukan penyidikan.

"Sikap setiap personil Polri harus menempatkan diri terhadap korban dengan kepedulian dan empati. Ketika komunikasi dibangun dangan empati maka masyarakat akan enggan melaporkan kinerja anggota dilapangan, dan sebaliknya," ujarnya.

Benny berpesan, personil Polri harus menjaga nama baik institusi agar tidak tercoreng supaya kepercayaan masyarakat juga tetap terjaga. Tugas Polri harus bersikap lebih sabar, dan profesional dalam bertindak. Pihaknya juga mendukung agar bidang Reserse semakin profesional dan lebih baik dengan konsekuensi serta permasalahan yang ada.

35