Home Ekonomi Dukung UMKM Binaan, PT KAI Sediakan Etalase & E-Katalog

Dukung UMKM Binaan, PT KAI Sediakan Etalase & E-Katalog

Jakarta, Gatra.com – Vice Presiden Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) KAI Joni Martinus menjelaskan salah satu strategi untuk dapat membuka target pasar baru dengan melengkapi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaannya dengan etalase di stasiun dan E-Katalog di kereta api. 

“Melalui kedua platform tersebut, calon pembeli tidak hanya dapat melakukan transaksi dalam partai besar tapi juga bisa membeli satuan atau ecer,” ujar Joni, Kamis (1/9).

Joni merincikan, terdapat total 803 mitra binaan aktif KAI yang tersebar di seluruh daerah operasional Jawa dan Sumatera. Pada tahap awal, disediakan etalase UMKM di Stasiun Bandung di mana terdapat 46 UMKM binaan KAI yang memasarkan produknya pada platform tersebut.

Jenis produk yang dipasarkan, Joni menjelaskan, terdiri dari berbagai macam seperti makanan, pakaian, kerajinan, dan lainnya. Pada etalase tersebut, tersedia display produk yang dipasarkan disertai barcode.

“Calon pembeli dapat langsung melakukan scan barcode dan terhubung langsung dengan kontak mitra binaan KAI untuk melakukan transaksi pembelian,” jelasnya.

Platform lain yang KAI gunakan untuk mendorong penjualan UMKM yaitu dengan menyediakan e-katalog yang disebar di setiap kursi KA Jarak Jauh tertentu. Saat ini E-katalog tersebut tersedia pada KA Lodaya Malam, Turangga, Mutiara Selatan, dan Argo Parahyangan.

“Metode penjualan produk UMKM pada e-katalog yaitu calon pembeli cukup melakukan scan barcode pada e-katalog yang tersedia kemudian akan terhubung langsung dengan cloud dan nomor whatsapp UMKM binaan KAI,” ujar Joni.

Joni mengungkapkan, ke depan KAI akan menambah stasiun dan KA yang menyediakan etalase UMKM dan e-katalog. KAI juga akan membuat teras UMKM di stasiun besar KA yaitu berupa gerai UMKM yang dapat digunakan untuk mempromosikan dan menjual produk secara langsung.

“KAI juga akan mengembangkan E-Katalog UMKM untuk mempermudah promosi dan transaksi produk-produk UMKM mitra binaan KAI,” lanjutnya.
 

90