Home Ekonomi Menteri Teten Minta Reseller dan Dropshipper Bantu Penjualan Produk UMKM

Menteri Teten Minta Reseller dan Dropshipper Bantu Penjualan Produk UMKM

Jakarta, Gatra.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki meminta agar para internet marketer seperti dropshipper dan reseller turut membantu memasarkan produk UMKM di dalam ekosistem digital. Teten yakin, peran internet marketer dapat mendongkrak pertumbuhan UMKM dan ekonomi digital Indonesia lebih pesat.

Menurut Teten selama ini banyak pelaku UMKM tidak memiliki sumber daya manusia (SDM) yang memadai untuk bergelut di pasar digital.

"Biasanya mereka (UMKM) mungkin diproduksi saja, nah untuk membantu menjual kita membutuhkan jagoan reseller, jagoan internet marketer," kata Teten kepada wartawan usai menghadiri Indonesia Digital Meet Up di Smesco, Jakarta, Kamis (1/9).

Teten optimistis, kolaborasi reseller, internet marketer dengan UMKM dapat menggeser proporsi penjualan produk impor di dalam pasar digital. Ia menyebut, saat ini 50 persen internet marketer masih menjual produk impor dibanding produk UMKM lokal.

"Padahal produk dalam negeri sudah banyak yang bagus yang bisa diterima oleh market. Jadi sekecil apapun produk UMKM di pelosok manapun harus bisa dijual secara online dan masuk ke ekosistem digital," jelas Teten.

Selain itu, Teten mengungkapkan bahwa pemerintah juga memerlukan pasokan data dari pelaku internet marketer. Terutama terkait preferensi produk para konsumen. Dengan demikian, kata Teten, para UMKM dapat menyesuaikan produk dengan tren permintaan.

"Kami juga butuh dibuatkan aplikasi untuk menangkap permintaan, bukan hanya jenis produk tetapi juga harganya," sebut Teten.

Adapun pemerintah menargetkan ekonomi digital diperkirakan mencapai US$146 miliar di tahun 2025, dan diperkirakan naik delapan kali lipat pada 2030 menjadi Rp4.531 triliun.

166