Home Gaya Hidup Pahami Aturan Main Golf bagi Pemula

Pahami Aturan Main Golf bagi Pemula

Jakarta, Gatra.com - Golf merupakan olahraga yang dimainkan hingga lebih dari 60 juta orang di seluruh dunia. Selama pandemi Covid-19, golf menjadi salah satu permainan yang memenuhi persyaratan untuk bisa dimainkan dengan aman menurut standar World Health Organisation (WHO). Dengan permainan di lapangan terbuka, setiap pemain yang terlibat bisa menjaga jarak dengan aman dan mengurangi risiko penularan.

Manajer Operasional Golf di Royal Cirebon Golf, Asmawi menjelaskan, permainan ini membutuhkan stik dan bola sebagai peralatan untuk bisa memulai permainan. Permainan dimulai ketika pemukul mulai dari tee box, dan dilanjutkan dengan memukul ke hole yang berjumlah 18.

"Di lapangan itu mulai ketika mukul dari tee box, tempat awalnya namanya tee box. Dalam lapangan standar, ada 18 hole (green)," katanya saat ditemui di acara peresmian lapangan golf Royal Cirebon Golf, Senin (5/9).

Penghitungan skor di lapangan golf disebut dengan par. Dalam satu kali hole, skor yang bisa didapat ditentukan dengan jumlah par, yaitu antara par 3, par 4, dan par 5. Ini menunjukkan jumlah pukulan standar untuk menghitung skor.

Jika ada satu pukulan lebih dari par yang ditentukan, maka disebut bogey. Jika lebih dua pukulan, maka disebut double bogey. Sementara jika kurang satu pukulan dari par, maka disebut birdie.

"Misalnya ketika saya memukul dari tee box ke hole satu, 4 kali pukul. Nah, hole satu itu par-nya 4. Artinya, hasilnya saya par," jelasnya.

Pemukul juga bisa melakukan patting saat bola sudah berada dekat dengan hole. Ini disebut dengan nearest on the green atau nearest to the point.

Pemenang dari olahraga ini adalah orang yang berhasil memukul paling sedikit. Artinya, siapa yang mendapat skor paling kecil keluar sebagai pemenang.

Olahraga golf bisa menjadi pilihan untuk berolahraga dengan aman. Selain dilakukan oleh profesional, olahraga ini bisa dilakukan siapa saja dengan rentang usia 4-104 tahun. Selain itu, lapangan golf kerap menyediakan area latihan bagi pemain baru yang ingin belajar memukul.