Home Teknologi Server di Singapura, Jamin Data Pelanggan Tidak Bocor

Server di Singapura, Jamin Data Pelanggan Tidak Bocor

Batu, Gatra.com - Hyundai Stargazer tampaknya bakal bikin pening para pemain lawas. Datang dengan beragam fitur baru yang belum pernah ditawarkan dikelasnya. Salah satu fitur yang dipromosikan adalah Bluelink. Fitur yang sebelumnya hanya ada di model premium Hyundai seperti SUV Palisade dan Creta.

Bluelink adalah aplikasi yang memungkinkan mengendalikan fitur mobil lewat ponsel. Untuk menikmati fitur itu pelanggan perlu mendaftarkan diri. Data diri konsumen disimpan diserver di Singapore. Saat ini Bluelink bisa dinikmati di Hyundai Stargazer tipe Trend, Style dan Prime.

Pelanggan Bluelink memiliki akses penuh ke semua fitur mendasar di mobilnya, yaitu: Remote Engine Start/Stop, Climate Control, Remote Door Lock/Unlock, Remote Horn & Light Control, dan mengetahui lokasi parkir mobil melalui Find My Car.

Baca juga: Apa Kata Pelatih Timnas Shin Tae-yong Tentang Hyundai Stargazer

Baca jugaMengapa Hyundai Stargazer Memilih Desain One Curve?

Termasuk juga fitur Stolen Vehicle Notification & Stolen Vehicle Tracking yang akan beroperasi saat upaya pencurian kendaraan. Sistem akan mengirimkan notifikasi ke smartphone pelanggan dan memungkinkan pengguna Hyundai Bluelink untuk mengidentifikasi posisi terkini dari mobil mereka.

Salah satu fungsi yang menarik adalah menyalakan mesin. Syaratnya semua pintu mobil tertutup dan terkunci dengan rapat dan transmisi dalam posisi P.

Caranya dengan membuka aplikasi Bluelink di ponsel. Dihalaman beranda, ada tombol 'Nyalakan Mesin'. Dengan menekan tombol itu mesin mobil hidup. Kunci bisa di kunci dan dibuka juga lewat tombol.

Baca juga: Bagaimana Hyundai Stargazer Membuat Kursi Ketiga Nyaman

"Pemilik juga bisa menghidupkan AC ketika mobil masih di tempat parkir. Jadi saat masuk kedalam mobil sudah dingin," kata specialis produck HMID Erik Ryan di Surabaya. Pengemudi bisa mengatur berapa suhu yang diinginkan.

Dalam kesempatan terpisah, Head of Before Service Departement HMID Putra Samiaji menegaskan bahwa data pelanggan yang didaftarkan ke Bluelink tersimpan aman dan tidak akan bocor ke pihak yang tidak bertanggungjawab.

Selain menjamin keamanan data pemilik mobil, Hyundai juga secara aktif melakukan screening untuk meminimalisir bug yang ada pada sistem mobil. “Jadi kita sudah punya server yang bagus, kita juga sudah punya sistem yang secara otomatis akan mengeliminasi kesalahan pada server atau aplikasi,” paparnya.

Rendi Gumelar, Customer Technical Before-Service Department HMID menjelaskan HMID memiliki tim RD untuk connectiviy yang secara reguler mengupdate. "Jika ada yang membahayakan keamanan Bluelink, kita akan update secara reguler,” tegas dia.

Update untuk head unit mobil akan dilaksanakan dengan pemberitahuan resmi untuk datang ke dealer. Pihak dealer akan melakukan update software. "Karena kalau di luar, itu berisiko datanya akan disalahgunakan,” ucapnya.