Home Gaya Hidup Perkenalkan Peradaban Fotografi, JIPFest 2022 Dibuka Hari ini

Perkenalkan Peradaban Fotografi, JIPFest 2022 Dibuka Hari ini

Jakarta, Gatra.com - Jakarta International Photo Festival (JIPFest) 2022 resmi dibuka di Teater Bulungan, Jakarta, hari ini, Jumat (9/9) .

Acara tersebut dibuka Direktur Festival, Cristian Rahadiansyah serta beberapa narasumber ternama seperti Asep Topan anggota tim kurator JIPFest 2022, Andhika Permata selaku Kepala Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Hafiz Agung Rifa’i Koordinator Strategi dan Promosi Event Daerah, Kemenparekraf, dan Yolande Melsert selaku Direktur Erasmus Huis.

Cristian mengatakan Festival JIPFest 2022 ini ketiga kalinya diselenggarakan sejak 2019. Acara pertama JIPFest diselenggarakan di Sarinah, dan acara yang dilangsungkan tahun ini berlokasi di kawasan Blok M, yakni Taman Langsat, Teater Bulungan, Kala di Kalijaga, Kala Karya, serta Soup N Film.

"JIPFest sesuai dengan namanya yang berawalan huruf J, yaitu Jakarta. Kita pengen eksplorasi daerah Jakarta yang beda-beda dengan membawa seni fotografi ke masyarakat" katanya.

Baca Juga: JIPFEST Targetkan Karya Foto Anak Bangsa Dikenal Internasional

Ia menambahkan ingin memperkenalkan peradaban fotografi yang ada di Jakarta ke masyarakat yang berada diluar Jakarta dan luar negeri.

Tim kurator JIPFest 2022, Asep Topan menjelaskan terkait tema acara JIPFest 2022 yaitu "Revival". Ia mengatakan prosesnya dalam menentukan tema yakni dengan panggilan terbuka kepada para kreator fotografer dengan membuat ruang lingkup.

"Kami berprinsip seluas luasnya mengenai revival untuk fotografer diseluruh dunia, berpusat pada revival. Kita bacanya dalam konteks momentum. Didalamnya kita bisa melihat perpektif dari budaya, religius, bahkan sosial politik," jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata  mendukung acara yang berlangsung dari 9 September - 25 September ini.

"Kami mendukung penyelenggaraan JIPFest dari acara pertama kali, dan kedepannya kami akan terus mendukung karena acara festival satu ini merupakan salah satu event yang dapat mendukung dari segi ekonomi," ujarnya.

Baca Juga: Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Luncurkan Jakarta Film Week

Meski, menurutnya sektor festival fotografi tersebut kurang terlihat dibanding sektor lainnya. Namun JIPFest merupakan acara yang patut untuk dihadiri siapapun karena banyak sekali manfaatnya.

Koordinator Strategi dan Promosi Event Daerah, Kemenparekraf, Hafiz Agung Rifa’i  menerangkan, JIPFest 2022 juga merupakan salah satu dari 100 event yang dipilih pihak Kementerian karena dinilai punya sesuatu yang tidak dimiliki event lainnya.

"Kami berharap lewat festival ini ekonomi kratif semakin terdorong. Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Event merupakan salah satu penggerak ekonomi agar bangkit sejak pandemi. Karena event bisa menggerakan wisatawan untuk melihat-lihat destinasi yang ada di Indonesia," katanya.

Direktur Erasmus Huis, Yolande Melsert menyatakan bahwa ini pertama kalinya ia mendatangi Indonesia untuk JIPFest 2022. Dia berharap festival ini akan menjadi ilmu baru untuk para fotografer dan membangkitkan semangat kepada mereka agar lebih semangat menampilkan karyanya.

Baca Juga: Dua Film yang Layak Disimak di Europe on Screen 2019

"Saya senang berkesempatan dalam festival kali ini, karena di festival ini juga semua orang baik dari luar Jakarta dapat melihat karya-karya terbaik fotografer dan menjadi acuan mereka untuk berkarya," katanya.

JIPFest 2022 akan berlangsung elama 17 hari, festival ini akan menampilkan 15 program, 55 acara, dan 59 bintang tamu dari dalam dan luar negeri.