Home Internasional Pertempuran Sengit Dekat Balakliya, Rusia Kirim Bala Bantuan ke Kharkiv

Pertempuran Sengit Dekat Balakliya, Rusia Kirim Bala Bantuan ke Kharkiv

Moskow, Gatra.com – Rusia mengerahkan pasukan ke wilayah Kharkiv di Ukraina timur, di mana tentara Kyiv telah melakukan serangan balasan skala besar untuk merebut kembali wilayah yang direbut oleh Moskow. 

Kantor berita TASS dan RIA Novosti Rusia dikutip themoscowtimes, yang berbagi video dari  Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Jumat (9/9), menunjukkan pergerakan perangkat keras militer di jalan beraspal, beberapa diantaranya bendera Rusia dan bertuliskan huruf "Z," simbol  kampanye militer Rusia.

Baca Juga: Pasukan Rusia Maju Menuju Kharkiv

Pejabat lokal yang ditempatkan di Moskow, Vitaliy Ganchev, mengatakan dalam sambutan yang disiarkan televisi bahwa pertempuran sengit sedang berlangsung di dekat Balakliya, sebuah kota di wilayah Kharkiv yang menurut Ukraina telah direbut kembali pada hari Kamis. 

"Kami tidak mengendalikan Balakliya. Upaya sedang dilakukan untuk mengusir pasukan Ukraina, tetapi ada pertempuran sengit dan pasukan kami ditahan saat mendekat," kata Ganchev.

Baca Juga: Serangan Rusia di Ukraina Timur, Pertempuran Sengit Dekat Donetsk

Dia menambahkan bahwa pasukan Ukraina juga berusaha menerobos pertahanan di dekat kota Shevchenkove, sekitar 20 kilometer (12 mil) utara Balakliya.

"Sekarang cadangan Rusia telah dibawa ke sana, pasukan kami melawan," kata Ganchev.

Baca Juga: Cemen! Rusia Menyerah dan Mundur dari Kharkiv

Tentara Kyiv telah mengklaim kemenangan dalam serangan balasan di selatan dan timur Ukraina, dengan mengatakan mereka telah maju "jauh" ke garis Rusia.

Militer Ukraina, Kamis, mengatakan telah merebut kembali lebih dari 20 kota dan desa di wilayah timur laut Kharkiv.