Home Internasional Pasukan Ukraina Akhirnya Menguasai Penuh Balakliya

Pasukan Ukraina Akhirnya Menguasai Penuh Balakliya

Kharkiv, Gatra.com - Pasukan Ukraina pada Sabtu akhirnya menguasai kendali penuh atas kota Balakliya. 

Wakil Menteri Pertahanan Hanna Malyar mengumumkan dalam sebuah pernyataan online, beberapa jam setelah Rusia akan menarik pasukannya di wilayah tersebut.

AFP, Minggu (1/9) melaporkan, seorang juru bicara militer, menyebut pasukan Ukraina di sepanjang garis depan selatan di beberapa daerah, maju puluhan kilometer ke wilayah yang direbut oleh pasukan Rusia pada awal invasi.

Baca Juga: Pertempuran Sengit Dekat Balakliya, Rusia Kirim Bala Bantuan ke Kharkiv

"Pasukan kami maju di sepanjang garis depan selatan di berbagai bagian dari antara dua dan beberapa puluh kilometer," kata juru bicara komando selatan tentara Ukraina, Nataliya Gumenyuk kepada media lokal.

Secara terpisah pada hari Sabtu, pasukan Ukraina mengatakan mereka telah memasuki kota Kupiansk di Ukraina timur, pusat pasokan utama yang telah dikuasai invasi pasukan Rusia selama beberapa bulan.

Baca Juga: Pasukan Rusia – Ukraina Saling Menyerang dalam Pertempuran

Tentara Kyiv dalam beberapa hari terakhir maju lebih dalam ke timur negara itu, mengusir pasukan Rusia dalam serangan balasan yang menurut para pejabat ada sekitar 30 kota dan desa di wilayah timur laut Kharkiv telah dikuasai.

Pasukan khusus Ukraina menampakkan gambar di media sosial, yang menurut mereka menunjukkan perwira mereka berada "di Kupiansk."

Baca Juga : Serangan Kilat, Ukraina Tangkap Letnan Jenderal Rusia Hidup-hidup?

Seorang pejabat regional secara terpisah memposting gambar tentara Ukraina di kota Ukraina timur yang berpenduduk sekitar 27.000 orang yang di samping teks menyebut: "Kupiansk adalah Ukraina."

Kota itu kembali direbut dari pasukan Rusia kurang satu minggu setelah Moskow meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina pada 24 Februari lalu.