Home Hiburan Menilik Sejarah dan Arti dari Mangkuk Ayam Jago pada Google Doodle Hari Ini

Menilik Sejarah dan Arti dari Mangkuk Ayam Jago pada Google Doodle Hari Ini

Jakarta, Gatra.com – Google Doodle biasa menampilkan gambar atau tokoh-tokoh ikonik untuk mengenang serta mengenalkan kepada pengguna Google. Tepat pada hari ini, Google Doodle menunjukkan gambar ikonik dari Mangkuk Ayam Jago. 

Pihak Google telah mengatakan pada situs resmi mereka, jika gambar tersebut sengaja dipakai untuk merayakan Mangkuk Ayam Jago Lampang yang ikonik, dengan ayam jantan berekor hitam serta bunga peony dan daun pisang.

"Peralatan dapur tahan lama ini amat populer di Asia, sehingga Pemerintah Thailand mendaftarkannya sebagai produk Indikasi Geografis Lampang pada hari ini, di tahun 2013," bunyi keterangan pada laman Google.

Gambar ayam jago merupakan visual ikonik yang sering ditemui pada peralatan masak, aksesoris, maupun peralatan makan seperti mangkuk, piring, gelas, dan masih banyak lagi.

Gambar ikonik tersebut ternyata memiliki sejarah dan filosofi yang menarik. Mengutip dari National Geographic, sejarah ini bermula pada masa Dinasti Ming periode pemerintahan Kaisar Chenghua (1465-1487).

Pada masa itu, Sang Kaisar memesan empat buah cawan yang bergambar ayam jago dan ayam betina pada pengrajin keramik khusus kekaisaran di daerah Jingdezhen yang terkenal dengan pengrajin keramik untuk istana sejak abad 6 M.

Lalu, Kaisar Chenghua telah memesan empat buah cawan keramik dengan teknik doucai, untuk dirinya juga istrinya sebagai tanda cinta. Cawan tersebut terkenal dengan Jigangbei atau cawan ayam yang terdiri dari gambar ayam jago, betina, dan anak ayam yang berarti kemakmuran. Arti lainnya bisa diartikan sebagai banyak anak, banyak rejeki.

Kemudian pada sumber sejarah lain mengatakan jika makna dari ayam jago ini berarti lambang kerja keras. Lambang dari daun pisang dan peony merah yang ada di dalam mangkuk ayam jago tersebut memiliki makna sebagai lambang mimpi keberuntungan.

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR