Home Teknologi Jerry Lawson Sang Pelopor Video Games Muncul di Google Doodle

Jerry Lawson Sang Pelopor Video Games Muncul di Google Doodle

Jakarta, Gatra.com - Google Doodle memberikan apresiasi kepada Gerald Jerry Lawson atas jasanya dalam menciptakan gim. Untuk itulah spesial Google Doodle menampilkan gim interaktif melalui laman Google pasa Kamis (1/12) dalam rangka merayakan ulang tahun yang ke-82 dari Jerry Lawson.

Mengutip dari laman Google Doodle, Jerry Lawson lahir di Brooklyn, New York. Semenjak kecil, ia senang bermain dengan elektronik, di antaranya memperbaiki televisi dan membuat stasiun radio dengan menggunakan suku cadang seadanya.

Pada awal kariernya di Palo Alto, California, ia bergabung dengan Fairchild Semiconductor sebagai konsultan teknik. Beberapa tahun kemudian, Lawson dipromosikan menjadi direktur teknik dan pemasaran departemen video game Fairchild. Ia memimpin pengembangan sistem Fairchild Channel F.

Hingga pada tahun 1980, Lawson meninggalkan Fairchild dan memulai perusahaan pengembangan video gim, VideoSoft. Perusahaan menciptakan perangkat lunak untuk Atari 2600, yang mempopulerkan Cartridge Lawson dan timnya dikembangkan.

Meskipun mereka ditutup lima tahun kemudian, Lawson telah memperkuat dirinya sebagai pelopor dalam industri ini dan terus berkonsultasi dengan berbagai perusahaan video game sepanjang sisa kariernya.

Pada tahun 2011, Jerry Lawson diakui oleh International Game Developers Association sebagai perintis dan kontribusinya atas gim yang ia ciptakan. Kemudian jasanya tersebut diabadikan di World Video Game Hall of Fame di Rochester, New York.

358